Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Saatnya Industri Perkapalan Batam Mendunia

Pameran Maritim IMOX 2024 Diikuti 200 Peserta dari 30 Negara
Oleh : Aldy Daeng
Rabu | 31-07-2024 | 12:24 WIB
pemeran_industri_perkapalan.jpg Honda-Batam
Pembukaan Pameran Maritim Internasional, IMOX 2024, di Radisson Golf and Convention center, Rabu (31/7/2024) (Foto: Aldy Daeng)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjadi ajang adu gagasan dan menghadirkan berbagai inovasi dan teknologi terbaru di industri perkapalan (Shipyard). Pameran Maritim Internasional, IMOX 2024, resmi dibuka,

Pada edisi yang ke tujuh, IMOX diikuti 200 peserta dari 30 negara, atau mengalami peningkatan peminat hampir 50 persen dari tahun sebelumnya yang hanya menghadirkan 130 peserta.

CEO Grup Fireworks Trade Media, Kenny Wong menyampaikan, pameran Maritim yang di gelar di Radisson Golf and Convention center, Kota Batam ini menjadi sarana bagi pelaku industri maritim untuk berkolaborasi, bertukar inovasi, serta menjalin relasi bisnis.

"IMOX ini jadi salah satu platformnya," kata Kenny, disela-sela acara pembukaan, Rabu (31/7/2024).

Selain sebagai wadah pertukaran inovasi, Kenny melanjutkan, IMOX juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk menjalin kemitraan bisnis dan mengeksplorasi peluang investasi.

Pihaknya optimistis transaksi sepanjang dalam IMOX 2023 akan mencapai target sebesar USD20 juta. "Visitornya lebih kurang sampai 5 ribu" ucapannya.

Di tempat yang sama, Ketua Kadin Batam Jadi Rajagukguk mengatakan, Pameran Maritim Internasional IMOX 2024, membahas pentingnya peran industri perkapalan dalam perekonomian global.

Hal itu disebabkan karena Indonesia memiliki potensi maritim yang luar biasa. Oleh sebab itu Batam harus jadi pemain penting pada industri Maritim,baik skala nasional maupun internasional.

"Industri perkapalan ini kan kedua terbesar setelah elektronik. Maka dari itu saatnya Industri kapal mendunia. Silakan siapa saja yang ingin berinvestasi, Batam sangat kondusif sekarang," ungkap Jadi

Disebutkannya, pameran ini adalah kesempatan emas bagi Industri perkapalan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa industri perkapalan Indonesia siap bersaing di kancah internasional.

"Sekarang waktu Industri perkapalan untuk mendunia," imbuhnya.

Jadi menambhakan, pameran yang berlangsung selama beberapa hari ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan industri maritim dan perkapalan di Indonesia. IMOX 2024 menjadi momentum bagi para pelaku industri.

"Kami berharap dengan acara seperti ini, pelaku akan terus berinovasi dan menjalin kemitraan demi mengangkat posisi Indonesia dalam dunia maritim dan perkapalan," pungkas Jadi Rajagukguk.

Editor: Surya