Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kontingen Kota Batam Peraih Medali Emas Terbanyak Popda IX Kepri
Oleh : Redaksi
Minggu | 28-07-2024 | 09:32 WIB
popda_batam.jpg Honda-Batam
Wakil Ketua KONI Batam yang juga Ketua SMSI (Serikat Media Siber Indonesia) Provinsi Kepri, Rinaldi Samjaya mewakili Ketua KONI Batam Rani Rafitriyani mengalungkan medali kepada para atlet atletik Popda IX Kepri. (Foto: Saibansah/J5NEWSROOM.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kontingen Kota Batam memastikan diri menjadi yang terbaik dengan mendulang medali emas terbanyak dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) IX Kepri 2024 di Kota Batam.

Posisi hari Sabtu, 27 Juli 2024, sebagai tuan rumah, kontingen Kota Batam masih kokoh memimpin klasemen perolehan medali. Yaitu, 38 emas, 30 perak dan 26 perunggu. Menyusul di peringkat kedua, kontingeng Kota Tanjungpinang dengan perolehan medali 22 emas, 26 perak dan 18 perunggu.

Terakhir, kontingen Kabupaten Lingga berhasil menjadi pengumpul medali terbaik ketiga, dengan 8 medali emas, 6 perak dan 15 perunggu. Disusul kemudian, Kontingen Kabupaten Bintan dengan 8 emas, 5 perak dan 25 perunggu.

Selanjutnya, disusul Kontingen Kabupaten Karimun berhasil meraih 3 emas, 15 perak dan 13 perunggu. Lalu, Kontingen Kabupaten Natuna 3 emas, 2 perak dan 13 perunggu. Terakhir, Kontingen Kabupaten Anambas yang hanya berhasil meraih 3 perunggu, tanpa medali emas dan perak.

Ketua pantia Popda IX Kepri, Andi Ratu Amri mengatakan, saat ini Kota Batam sudah mengoleksi 96 medali dengan rincian 38 medali emas, 30 perak dan 26 perunggu.

Alhamdulillah, lanjut Andi, sejauh ini penyelenggaraan Popda berjalan dengan lancar. Ini tidak terlepas dari keterlibatan stake-holder terkait seperti panitia Dispora, Pemprov Kepri dan Batam sebagai tuan rumah.

Andi menambahkan, persiapan penyelenggaraan Popda IX Kepri dilakukan sejak dua tahun lalu, mulai dari penetapan Kota Batam sebagai tuan rumah hingga keluarnya SK Gubernur tahun 2023.

"Intinya sebelum hari H kita sudah persiapkan semuanya secara matang, dan Kota Batam sebagai tuan rumah sukes menyelenggarakan Popda kali ini," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua KONI Kota Batam Rinaldi Samjaya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para atlet dari semua kabupaten/kota Provinsi Kepri yang telah bertanding sportif di ajang Popda IX Kepri di Kota Batam. Khususnya, kepada para atlet Kontingen Kota Batam yang menjadi pendulang medali emas terbanyak.

"Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para atlet yang telah berdanding secara sportif di Popda IX Kepri. Khususnya kepada para atlet Kota Batam, terimakasih telah memberikan yang terbaik dengan menjadi juara umum. Sekali lagi selamat ya," ujar Rinaldi Samjaya yang juga Ketua SMSI Provinsi Kepri, Rinaldi Samjaya, Minggu (28/7/2024).

Editor: Dardani