Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diskominfo Tanjungpinang Tingkatkan Keterbukaan Informasi Publik Demi Terciptanya Tranparansi Pemerintah
Oleh : Devi Handiani
Jum\'at | 26-07-2024 | 19:44 WIB
Kadiskominfo-Tpi-Teguh1.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Kominfo Kota Tanjungpinang, Teguh Susanto. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tanjungpinang terus berupaya mendorong peningkatan keterbukaan informasi publik demi terciptanya pemerintahan yang lebih transparan dan akuntabel.

Kepala Dinas Kominfo Kota Tanjungpinang, Teguh Susanto menyampaikan harapannya agar keterbukaan informasi publik di kota Tanjungpinang semakin baik sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

"Kami berkomitmen untuk meningkatkan akses informasi bagi masyarakat Tanjungpinang. Keterbukaan informasi adalah salah satu pilar penting dalam mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih. Kami berharap melalui berbagai program dan inisiatif yang telah dan akan kami laksanakan, masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan informasi yang akurat dan relevan," ujar Teguh, Jumat (26/7/2024).

Sejalan dengan komitmen tersebut, Diskominfo Tanjungpinang telah meluncurkan beberapa program dan inisiatif strategis untuk membantu mewujudkan keterbukaan informasi publik.

"Diskominfo akan melaksanakan pengembangan portal informasi publik yang memudahkan masyarakat untuk mengakses berbagai data dan informasi, penyelenggaraan sosialisasi tentang pentingnya keterbukaan informasi bagi aparatur pemerintah dan masyarakat luas, membangun kerja sama dengan media lokal untuk menyebarluaskan informasi publik secara lebih efektif dan luas, serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk mempercepat penyebaran informasi yang dibutuhkan," jelas Teguh.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik Diskominfo, Surya Dharma Sarno, berharap agar seluruh elemen masyarakat dapat aktif berpartisipasi dalam proses keterbukaan informasi. Partisipasi masyarakat sangat penting untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan oleh pemerintah dapat diterima dan dimanfaatkan dengan baik.

"Kami percaya bahwa dengan keterbukaan informasi yang lebih baik, masyarakat akan semakin percaya kepada pemerintah. Kepercayaan ini akan menjadi modal penting dalam pembangunan kota Tanjungpinang yang lebih maju dan sejahtera," ujar Surya.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan, Diskominfo Tanjungpinang optimis bahwa keterbukaan informasi publik di kota Tanjungpinang akan terus meningkat dan membawa dampak positif bagi seluruh masyarakat serta mendorong keterbukaan informasi untuk menciptakan pemerintahan yang transparan dan akuntabel.

Editor: Yudha