Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinkes Tanjungpinang Targetkan Sebanyak 8.444 Anak Divaksin Polio
Oleh : Devi Handiani
Jumat | 26-07-2024 | 19:09 WIB
Vaksin-Polio-Tpi1.jpg Honda-Batam
Pj. Ketua TP-PKK Kota Tanjungpinang, Efa Sri Nurlatifah Khifayana memberikan vaksin polio kepada anak. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan kegiatan "Akselerasi Pencapaian Target Imunisasi dan Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio" di Kabupaten Bintan, Jumat (26/7/2024).

Acara ini dipimpin oleh Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad dan diikuti oleh seluruh pemangku kepentingan dari kabupaten/kota di wilayah provinsi melalui video conference.

Gubernur Ansar Ahmad melakukan pengecekan langsung ke seluruh kabupaten/kota untuk memantau capaian target imunisasi. Dalam sambutannya, ia menyampaikan harapannya agar target imunisasi bisa mencapai 95% dari total anak di masing-masing wilayah. Gubernur Ansar menekankan pentingnya pencapaian target ini guna melindungi anak-anak dari penyakit polio dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

"Melalui kegiatan akselerasi pencapaian target imunisasi ini, saya berharap seluruh kabupaten/kota di provinsi Kepulauan Riau dapat mencapai target imunisasi sebesar 95%. Pencapaian ini sangat penting untuk melindungi anak-anak kita dari penyakit polio yang dapat menyebabkan kecacatan permanen. Dengan kerja sama dan dukungan dari seluruh pihak, saya yakin kita bisa mencapai target ini dan memastikan kesehatan anak-anak kita terlindungi. Mari kita bersama-sama wujudkan generasi yang sehat dan bebas polio," tegasnya.

Di Kota Tanjungpinang, kegiatan pencanangan PIN Polio berlangsung di SD Anugerah Jalan Jatayu Kelurahan Batu IX, Kecamatan Tanjungpinang Timur, yang dihadiri oleh Pj. Ketua TP-PKK Kota Tanjungpinang, Efa Sri Nurlatifah Khifayana, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam.

Rustam melaporkan bahwa Kota Tanjungpinang telah mencapai target imunisasi polio sebanyak 8.444 anak dari total 17.741 anak, berdasarkan hasil Microplanning Puskesmas, yang berarti hampir 47,59% anak telah diimunisasi hingga hari ini.

"Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan kerja sama seluruh tim kesehatan serta dukungan masyarakat. Kami akan terus berupaya untuk mencapai target 95% demi memastikan kesehatan dan masa depan anak-anak kita terlindungi dari penyakit polio," ujarnya.

Pj. Ketua TP-PKK Kota Tanjungpinang, Efa Sri Nurlatifah Khifayana, menutup kegiatan dengan harapan agar akselerasi ini mempercepat pencapaian target imunisasi di Kepulauan Riau, khususnya Tanjungpinang, dan memastikan kesehatan anak-anak terlindungi dari polio.

"Semoga kegiatan akselerasi pencapaian target imunisasi ini dapat mempercepat pencapaian target di provinsi Kepulauan Riau, khususnya di Tanjungpinang. Melalui kerja sama dan komitmen semua pihak, kita bisa memastikan bahwa anak-anak kita terlindungi dari polio. Kesehatan anak-anak adalah prioritas utama kita, dan saya yakin dengan upaya bersama, kita bisa mencapai target imunisasi yang telah ditetapkan dan menciptakan generasi yang sehat dan kuat," harap Efa.

Editor: Yudha