Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cegah Penyebaran Penyakit Menular, Lapas Batam Gelar Skrining TB dan HIV
Oleh : Irwan Hirzal
Jum\'at | 19-07-2024 | 14:24 WIB
skrining-TB-HIV.jpg Honda-Batam
Warga binaan Lapas Batam, saat menjalani skrining penyakit menular bersama petugas medis, Kamis (18/7/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lapas Batam bekerja sama dengan Puskesmas Sei Langkai dan Dinas Kesehatan Kota Batam, mendeteksi berbagai jenis penyakit menular terhadap warga binaan, seperti TBC, HIV, Sifilis, DBD, Hepatitis dan Gula Darah pada Kamis (18/7/2024).

Sebanyak 47 orang warga binaan Lapas Batam mengikuti kegiatan VCT rutin ini di Klinik Pratama Lapas Batam dengan dikawal oleh petugas pengamanan Lapas.

Kegiatan diawali dengan penyuluhan kesehatan oleh dr Sinta Theiodora dari Puskesmas Sei Langkai, terkait penyakit menular serta pencegahannya. Saat skrining dilakukan, diharapkan setiap warga binaan dapat menjawab dengan jujur agar hasilnya nanti dapat maksimal.

"Nanti ketika dilakukan proses skrining penyakit menular ini, harap bapak-bapak sekalian dapat menjawab pertanyaan yang diberikan dengan jujur. Karena jawaban bapak sekalian akan mempengaruhi hasil akhir penilaian deteksi dini penyakit menular ini," ujar dr Sinta Theiodora.

Kalapas Batam, Heri Kusrita, menyatakan skrining penyakit menular ini dilakukan sebagai upaya untuk melakukan deteksi dini penyakit menular di Lapas Batam. Ada beberapa kelompok yang perlu mendapatkan skrining ini mulai dari orang yang kontak langsung dengan penderita dan orang yang tinggal di lingkungan yang sama.

"Skrining rutin ini, kita laksanakan sebagai upaya deteksi dini penyakit menular yang sangat rentan penularannya di lingkungan seperti Lapas/Rutan. Alhamdulillah dari 47 orang warga binaan yang kita tes tersebut hasilnya negatif," tutup Heri Kusrita.

Editor: Gokli