Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Dilantik, Ketua KKSS Kepri Ziarah ke Makam Raja Haji Fisabilillah
Oleh : Devi Handiani
Jum\'at | 12-07-2024 | 18:44 WIB
Ketua-KKSS-Ziarah1.jpg Honda-Batam
Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Ady Indra Pawennari ziarah ke makam Pahlawan Nasional Raja Haji Fisabilillah di Pulau Penyengat. (Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Ady Indra Pawennari melakukan ziarah ke makam Pahlawan Nasional Raja Haji Fisabilillah di Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, Jumat (12/7/2024).

Hal itu dilakukan pria peraih Anugerah Pahlawan Inovasi Teknologi Tahun 2015 itu, sehari menjelang dilantik sebagai Ketua BPW KKSS Kepri periode 2024 - 2029, bersama pengurus lainnya di Laman Tugu Sirih, Tepi Laut Tanjungpinang.

Selain ke makam Raja Haji Fisabilillah, Ady yang didampingi Sekretaris BPW KKSS Kepri, Amrullah Rasal, juga melakukan ziarah ke Makam Raja Ali Haji yang dikenal sebagai sosok Pujangga Melayu asal Kepri dengan karya sastranya yang fenomenal, yaitu Gurindam 12.

"Kesempatan ziarah makam ini untuk mendoakan leluhur kami yang juga merupakan putra dan cucu dari Daeng Celak atau Yang Dipertuan Muda Riau II tahun 1728 - 1745," ujar Ketua KKSS Kepri, Ady Indra Pawennari, Jumat (12/7/2024).

Terkait pelantikannya pada Sabtu (13/7/2024) malam, Ady berharap semuanya berjalan sukses dan lancar. Apalagi acara tersebut, dimeriahkan oleh artis Dangdut Academy Indosiar, Evi Masamba dan dihadiri oleh sejumlah tamu undangan dari Jakarta dan berbagai daerah lainnya di Indonesia.

Ady berpesan agar warga KKSS Kepri yang dipimpinnya tidak melupakan jasa para pahlawan dan leluhur yang telah banyak berkontribusi bagi kemerdekaan Indonesia dan kehidupan masyarakat Kepri saat ini.

"Ziarah ke makam itu, mengingatkan kita pada kematian, khususnya bagaimana kita mengambil hikmah dan keteladanan dari perjuangan para leluhur kita dalam mengusir penjajah dari Bunda Tanah Melayu ini," kata Ady.

Sebelumnya, Ady juga melakukan ziarah ke Makam Daeng Celak dan Daeng Marewah atau Yang Dipertuan Muda Riau I tahun 1721 - 1728.

Daeng Celak dan Daeng Marewah adalah adik beradik yang dikabarkan memiliki hubungan kekerabatan dengan Pajung ri Luwu atau Raja Luwu ke-23, yaitu Sultan Zaenab yang bergelar Petta Matinroe ri Tippulue.

Editor: Yudha