Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pastikan Bebas Penyakit dan Layak Konsumsi, Dinas Pangan dan Pertanian Pantau Tempat Pemotongan Hewan Kurban
Oleh : Freddy
Selasa | 18-06-2024 | 08:04 WIB
AR-BTD-5190-Qurban-Karimun.jpg Honda-Batam
Petugas kesehatan memeriksa daging hewan kurban yang disembelih saat Hari Raya Iduladha 1445 H. (Foto: Fredy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun bersama petugas kesehatan hewan mengecek tempat-tempat pemotongan hewan kurban Hari Raya Iduladha 1445 H.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun Sukriyanto Jaya Putra mengatakan, pihaknya bersama petugas kesehatan turun memantau ke lokasi yang melaksanakan pemotongan hewan kurban untuk memastikan daging kurban yang disembelih bebas dari penyakit.

"Untuk memastikan bahwa daging sapi kurban post mortem atau setelah disembelih bebas dari penyakit dan layak dikonsumsi, maka petugas kesehatan hewan disebar ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun," ujar Sukrianto Jayaputra.

Ada pun yang menjadi fokus pemeriksaan oleh petugas kesehatan hewan, diantaranya pada bagian hati daging sapi dan parunya setelah disembelih untuk memastikan apa ada cacing pada hati sapi.

"Alhamdulillah, saya juga turun langsung ke beberapa lokasi pemotongan hewan kurban di Pulau Karimun dari pagi sampai siang hari dan hasilnya memang tidak ditemukan penyakit pada daging sapi hewan kurban dan dapat disimpulkan bahwa daging sapi yang disembelih layak untuk dikonsumsi," lanjut Sukriyanto.

Jumlah hewan kurban yang disembelih tahun ini berjumlah 427 ekor sapi. Kemungkinan jumlahnya akan bertambah karena masih ada hewan kurban yang belum disembelih. Selain sapi pada hari ini juga dilakukan penyembelihan kambing yang berjumlah 464 ekor kambing.

"Dari hasil pemeriksaan petugas kesehatan hewan hewan kurban sapi maupun kambing dipastikan bebas penyakit dan layak di konsumsi," pungkasnya.

Editor: Dardani