Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masyarakat Tembesi Antusias Dengarkan Paparan Program Strategis Gubernur Ansar
Oleh : Redaksi
Senin | 27-05-2024 | 16:52 WIB
Ansar-Tembesi1.jpg Honda-Batam
Gubernur Ansar bersilaturahmi bersama masyarakat di pelataran Masjid Dhiya'ul Jannah Perumahan Buana Bukit Permata, Kelurahan Tembesi, Kota Batam. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad kembali bersilaturahmi dengan masyarakat, yang kali ini dilaksanakan di pelataran Masjid Dhiya'ul Jannah Perumahan Buana Bukit Permata, Kelurahan Tembesi, Kota Batam, pada Sabtu (25/5/2024).

Kegiatan silaturahmi yang berlangsung di tengah rintik hujan itu mendapatkan antusias yang tinggi dari masyarakat. Terlihat dari banyaknya masyarakat yang hadir dalam acara silaturahmi tersebut meskipun cuaca sedang tidak bersahabat.

Mengawali kata sambutannya, Gubernur Ansar mengaku sangat bersyukur, karena masih diberi kesempatan untuk terus bertemu, berkumpul dan menyapa serta bersilaturahmi langsung dengan masyarakat Kepulauan Riau yang berada di Perumahan Buana Bukit Permata yang hadir pada kegiatan tersebut.

Menurutnya, silaturahmi seperti ini akan bisa meningkatkan tali persaudaraan antar sesama, karena umat muslim juga baru saja menyambut Idul Fitri sehingga silaturahmi harus terus dijaga.

"Karena dengan melakukan silaturahmi ada begitu banyak manfaat yang akan kita rasakan terutamanya kita dapat saling mengenal satu sama lain, sehingga akan tercipta keharmonisan di tengah masyarakat" ujar Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar juga menyampaikan berbagai program unggulan yang sudah dilakukan pemerintah Provinsi Kepri selama 3 tahun dirinya memimpin.

Mulai dari bantuan BPJS Ketenagakerjaan kepada 46 ribu lebih rumah tangga nelayan di seluruh Kepri dan juga bantuan Jaminan Kesehatan Daerah untuk pengobatan yang tidak dicover oleh BPJS Kesehatan, ini dimaksudkan untuk membantu melindungi masyarakat Kepri agar tidak perlu pusing ketika akan berobat. Juga bantuan pendidikan seperti beasiswa mahasiswa S1 dan D3 dengan anggaran Rp 4,5 miliar pada tahun 2024 ini.

"Kemudian Pemerintah Provinsi Kepri juga akan mulai memberikan bantuan SPP gratis bagi siswa-siswi SMA Negeri, SMK Negeri dan SLB se-Kepri dan untuk yang Swasta akan diberikan bantuan insentif untuk para gurunya. Direncanakan progam tersebut sudah bisa dilaksanakan pada tahun ajaran baru nanti, sehingga dapat membantu meringankan beban para orang tua" tambahnya.

Ada pula Rumah Singgah yang sudah disediakan di Kota Batam dan Jakarta, yang dapat digunakan secara gratis oleh masyarakat Kepri yang tengah berobat. Juga pembangunan Rumah Sakit Jiwa di Tanjung Uban dan Pemasangan Ring Jantung di Rumah Sakit Provinsi di Tanjungpinang.

"Termasuk pinjaman modal usaha dengan bunga 0 persen untuk para pelaku dan pengusaha UMKM yang sudah berjalan dari November tahun 2021 dan akan kembali dilanjutkan untuk 2.000 pelaku UMKM dengan nilai sebesar Rp60 miliar di tahun 2024 ini, karena ini salah satu upaya Pemerintah untuk mendorong UMKM di Kepri untuk naik tingkat ke level yang lebih tinggi lagi, karena UMKM Kepri terbukti sudah mampu menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi di Kepri terutama ketika bencana covid melanda" jelasnya.

Berbagai program dan capaian pembangunan yang sudah dilakukan tesebut, menurut Gubernur Ansar harus bisa diketahui oleh masyarakat, sehingga segala yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kepri selama 3 tahun ini benar-benar bisa langsung dirasakan dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat secara keseluruhan.

Dalam kesempatan kali ini Gubernur Ansar juga turut memberikan bantuan pribadi untuk Ibu-ibu Majelis Ta'lim dan Ibu-ibu Kompang, dan akan memberikan bantuan satu hewan qurban ketika Idul Adha untuk Perumahan Buana Bukit Permata.

Turut hadir bersama Gubernur pada kegiatan silaturahmi tersebut, Tim Percepatan Pembangunan Provinsi Kepri, Kepala OPD, Tokoh Masyarakat, tokoh agama , dan tokoh pemuda Perumahan Buana Bukit Permata Tembesi.

Editor: Yudha