Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Demi Kemanusiaan, Bhabinkamtibmas Gunung Lengkuas Rutin Beri Makan dan Obat ODGJ
Oleh : Syajarul Rusydy
Senin | 20-05-2024 | 20:04 WIB
Bhabin-Rawat-ODGJ1.jpg Honda-Batam
Bhbinkamtibmas Gunung Lengkuas Brikpa Wahyudi Pratomo merawat warga yang mengalami gangguan jiwa. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Bhbinkamtibmas Gunung Lengkuas Brikpa Wahyudi Pratomo mendadak jadi perawat Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kelurahan Gunung Lengkuas, Kecamatan Bintan Timur.

Hal tak sengaja itu terjadi ketika anggota Polsek Bintan Timur itu mendampingi kader, yang mendapat informasi adaya ODGJ yang mengamuk di daerah Kampung Wacopek. Pertemuan pertama kali itu, menggerakkan hati Yudi untuk merawat ODGJ yang belakangan diketahui bernama Muslimin (22).

Dari pengakuan Yudi, prihatin melihat kondisi anak muda tersebut, dimana kesahariannya terkesan tidak terurus. Bahkan untuk makan obat rutin saja terlihat orang tua ODGJ itu kesulitan untuk memberinya.

"Kasian, makan obat aja dia gak mau kalau orang tuanya yang kasih. Alhamdulilah kalau dari saya mau dia makan obatnya," kata Yudi saat ditemui di Kijang, Senin (20/5/2024).

Buka suatu hal kebetulan, ODGJ itu nurut dengan Yudi. Namun ada pendekatan yang dilakukan, sehingga apa yang diarahkan oleh Bhabinkamtibmas Gunung Lengkuas mau didengar oleh pria yang depresi akibat kehilangan hendphone android kesayangannya itu.

"Tentunya kita pendekatan, mulai rayu dan lain-lain, sehingga dia tidak trauma atau takut ketika berhadapan dengan kita," ujar Yudi.

Kini Yudi terbilang rutin mendatangi kediaman ODGJ tersebut, bahkan sehari tidak melihat Muslimin Yudi merasa ada yang kurang. Dirinya mengaku apa yang diperbuat ini semata-mata untuk kemanusiaan, dan harapan Muslimin bisa sembuh dari depresinya.

"Jadi memang setiap hari saya kesana bawakan dia makan, sekaligus memberikannya obat. Biar dia bisa sembuh," timpal Yudi.

Editor: Yudha