Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Karimun Antusias Ikut Pelatihan Kerja, Pendaftar Pelatihan Rigger Membludak
Oleh : Freddy
Rabu | 15-05-2024 | 14:24 WIB
Armansyah1.jpg Honda-Batam
Kabid Pelatihan dan Produktivitas Disnaker Perindustrian Kabupaten Karimun, Armansyah. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Antusias masyarakat Karimun untuk mengikuti pelatihan Rigger sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pendaftar yang hampir mencapai 500-an orang.

Kabid Pelatihan dan Produktivitas Disnaker Perindustrian Kabupaten Karimun, Armansyah, mengatakan masyarakat yang telah mendaftar untuk dapat mengikuti pelatihan Rigger membludak.

"Sejak pendaftaran dibuka Rabu (8/5/2024) hingga pendaftaran berakhir pada hari Selasa (14/5/2024) di link pendaftaran tercatat untuk pendaftar pelatihan Rigger mencapai 499 orang dan kemungkinan jumlahnya akan bertambah lagi. Pendaftar pelatihan juru Las FCAW 3 4G tercatat 174 orang dan pelatihan juru las FCAW 6G berjumlah 36 orang," jelas Armansyah.

Diketahui, tahun 2024 ini, Disnaker Perindustrian Kabupaten Karimun sudah memprogramkan tujuh kegiatan pelatihan dan pelatihan Rigger merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan bersama 2 kegiatan pelatihan lainnya yakni pelatihan juru las FCAW 3/4G dan juru Las FCAW 6G.

Pelatihan Rigger dilaksanakan di Karimun dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang sedangkan pelatihan yang dilaksanakan di Batam yakni juru las FCAW 3/4G sebanyak 14 orang dan pelatihan juru las FCAW 6G sebanyak 13 orang.

Menurut Armansyah, sesuai dengan prosedur, setelah pendaftaran akan dilakukan seleksi administrasi dan bagi yang dinyatakan lulus administrasi akan dilanjutkan dengan pretest terlebih dahulu. "Untuk penguji akan ditangani langsung oleh Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang berkompeten dan merekalah yang menentukan siapa saja yang dinyalakan lulus dan menjadi peserta pelatihan Rigger, Juru Las FCAW 3/4G dan juru Las FCAW 6G," kata dia.

Ia menambahkan untuk jadwal 3 kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Batam dan di Karimun ini, belum dapat dipastikan kapan waktu pastinya, karena semuanya tergantung ketersediaan anggaran untuk pelaksanaannya.

"Nanti kalau sudah ada jadwal pastinya akan diberitahukan atau diinformasikan kepada orang-orang yang sudah mendaftar melalui link pendaftaran tersebut," tutup Armansyah.

Editor: Gokli