Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Roby Kurniawan Lepas 82 Jamaah Calon Haji Asal Bintan Menuju Embarkasi Batam
Oleh : Harjo
Sabtu | 11-05-2024 | 14:24 WIB
JCH-Bintan1.jpg Honda-Batam
Bupati Roby Kurniawan, saat melepas jemaah calon haji asal Bintan menuju Embarkasi Batam, Sabtu (11/5/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Sebanyak 82 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Bintan dilepas untuk berangkat menuju Asrama Haji Batam sebelum nantinya bertolak ke King Abdul Aziz International Airport melalui Bandara Internasional Hang Nadim.

Bupati Bintan, Roby Kurniawan didampingi Wakil Bupati Ahdi Muqsith melepas seluruh JCH dengan iringan doa dan restu dari seluruh masyarakat khususnya para Alim Ulama.

Keberangkatan JCH dibagi menjadi dua rombongan besar dan dilepas di Masjid Nurul Iman Kijang, selanjutnya sebagian dilepas di Masjid Baitul Makmur Tanjunguban untuk selanjutnya menyebrang ke Pelabuhan Telaga Punggur Kota Batam. Untuk melestarikan adat tradisi Tanah Melayu, para JCH dilepas dengan tradisi Tepuk Tepung Tawar oleh sejumlah Tokoh Adat.

Sebelum melepas, Bupati Roby sempat menyampaikan beberapa pesan terkait kesehatan, keselamatan maupun kelancaran ibadah nantinya. Roby juga menyampaikan bahwa masyarakat Bintan pada umumnya senantiasa melangitkan doa terbaik untuk khusuknya ibadah di tanah suci.

"Mekkah Al Mukaromah, Madinah Al Munawaroh, dua kota suci umat Islam yang senantiasa dirindukan. Pesan kami, tingkatkan kesabaran, ikhlas dalam ibadah, jaga kesehatan, mantapkan niat dan azam untuk meraih Haji Mabrur. Doakan kami di Bintan, agar Bintan menjadi negeri yang Baldhotun Toyyibatun wa Robbunghofur," kata Roby, Sabtu (11/5/2024).

Ibadah Haji merupakan ibadah yang tak sekedar melibatkan jiwa, akan tetapi fisik dari para pelaksananya. Untuk itu lah Bupati Bintan juga berpesan agar seluruh JCH senantiasa menjaga kebugaran jasmani dan jangan menunda untuk memeriksakan kesehatan kepada petugas medis yang siaga mendampingi selama pelaksanaan ibadah Haji.

"Bintan tahun ini berangkat pada kloter satu yang artinya tiba di sana akan berkunjung ke Madinah terlebih dahulu. Jaga kesehatan semaksimal mungkin saat di Madinah, sebab masih panjang rangkaian yang akan dijalani terlebih lagi masuk kepada inti pelaksanaan ibadah Haji nantinya" tambah Roby.

Pemerintah Kabupaten Bintan juga menyerahkan bantuan uang saku sebesar Rp 1 juta untuk setiap Jamaah Calon Haji. Tak sampai di situ saja, seluruh rombongan juga akan didampingi oleh petugas yang telah ditunjuk untuk mendampingi hingga tiba di ermbarkasi Batam nanti.

Editor: Gokli