Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polres Karimun Terjunkan 250 Personel Laksanakan Operasi Ketupat Seligi 2024
Oleh : Fredy
Kamis | 04-04-2024 | 08:04 WIB
0404_kapolres-karimun_025495482548.jpg Honda-Batam
Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim bersama Kapolres Karimun AKBP Fadli Agus memeriksa kesiapan personel Polres Karimun. (Foto: Humas Polres Karimun)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Polres Karimun menggelar apel Operasi Ketupat 2024 di lapangan Bhayangkara Polres Karimun, Rabu (/03/4/2024). Targetnya, memastikan kesiapan seluruh personel mewujudkan arus mudik dan balik Idul Fitri 1445 H berjalan aman dan nyaman.

Gelar pasukan itu dipimpin Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim, M.Si. Didampingi Kapolres Karimun AKBP Fadli Agus, S.I.K., M.H, dan dihadiri Ketua DPRD Karimun, Dandim 0317 Tbk, Danlanal Tbk, PJU Polres Karimun, Kapolsek Daratan serta instansi terkait lainnya.

Kapolres Karimun bersama Wakil Bupati Karimun melakukan penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan dari satuan gabungan apel gelar pasukan. Ini merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan stakeholder dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H.

Operasi ketupat Polres Karimun tahun 2024 ini diselenggarakan mulai tanggal 4-16 April 2024.

Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo. Intinya, apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergitas TNI-Polri dengan Stakeholder terkait dalam rangka Pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H.

Dalam operasi ini telah dipersiapkan 5.784 pos, yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu, dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian. Tentunya, pos-pos yang digelar harus mampu memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal.

Demi kelancaran arus mudik dan balik maka dilakukan pembatasan operasional angkutan barang, terdapat klasifikasi angkutan yang masih diizinkan beroperasi, seperti kendaraan pengangkut BBM, hantaran uang, hewan ternak, pupuk dan bahan pokok penting.

Memastikan kendaraan-kendaraan tersebut dilengkapi surat muatan yang ditempelkan pada kaca kendaraan sebelah kiri, sehingga mempermudah proses pemeriksaan. Apabila masih ditemukan kendaraan angkutan barang yang masih beroperasi di luar ketentuan, maka segera lakukan penindakan.

Sinergi dan koordinasi antara Satgas Pusat, Satgas Daerah, dan stakeholder terkait harus berjalan optimal, sehingga pengguna jalan benar-benar merasa aman dan nyaman.

Kapolres Karimun AKBP Fadli Agus menjelaskan, pihaknya telah mendirikan pos yang terdiri dari 7 pos pengamanan, 7 pos pelayanan dan 1 pos terpadu di pelabuhan domistik.

Polres Karimun sendiri mengerahkan 250 personel yang tergabung dalam personel Polres serta instansi terkait lainnya dalam melaksanakan pengamanan ketupat sejak tanggal 4-16 April 2024

"Mari kita laksanakan operasi ini dengan penuh tanggung jawab dengan dukungan penuh masyarakat untuk meningkatkan semangat dan rasa kebersamaan guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024," ujar Kapolres Karimun.

Fadli Agus juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel TNI-Polri, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainya yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2024.

"Semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi ladang amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa," tutup Kapolres Karimun AKBP Fadli Agus.

Editor: Dardani