Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi Karhutla, Polres Karimun Imbau Masyarakat Tak Bakar Lahan
Oleh : Freddy
Senin | 01-04-2024 | 17:08 WIB
Sosialisasi-Cegah-Karhutla1.jpg Honda-Batam
Jajaran Polres Karimun sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Polres Karimun dan Polsek jajaran melakukan menghimbau kepada masyarakat dan perusahaan untuk tidak membakar lahan perkebunan maupun hutan.

Sosialisasi ini juga dilakukan bhabinkamtibmas dengan pemasangan brosur serta spanduk yang berisi larangan membakar lahan, kebun maupun hutan.

Kapolres Karimun AKBP Fadli Agus menjelaskan sosialisasi tersebut bertujuan agar seluruh masyarakat, perusahaan atau pelaku usaha tidak membuka hutan dan lahan dengan cara dibakar. Hal ini untuk mencegah terjadinya kabut asap atau kerusakan lingkungan.

Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pencerahan serta kesadaran sosial dan hukum kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Karimun untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan, membuka lahan pertanian dengan cara pembakaran hutan, membuang putung rokok sembarangan maupun membuat titik api dekat lahan atau hutan yang mudah terbakar," ungkapnya.

Ia menjelaskan sosialisasi ini perlu ditingkatkan terutama di sejumlah daerah yang cukup rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan sebagai tindakan pencegahan dini agar daerah Kabupaten Karimun terhindar dari bencana kabut asap.

"Kegiatan sosialisasi ini diharapkan pada musim kemarau tahun ini seluruh masyarakat dapat mendukung dan mencegah adanya pembakaran hutan dengan cara tidak membuka lahan dengan membakar, kami sangat berharap agar masyarakat turut membantu upaya ini dan menjadi pelopor pencegahan karhutla, demi menjaga kelestarian alam dan mencegah terjadinya bencana kabut asap di wilayah Kab. Karimun," tutup Kapolres.

Editor: Yudha