Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Profesor Samsul Rizal Dipercaya Jadi Rektor Universitas Batam
Oleh : Redaksi
Rabu | 27-03-2024 | 11:04 WIB
AR-BTD-3783-Rektor-Uniba.jpg Honda-Batam
Pengawas Yayasan Griya Husada Uniba Rusli Muhammad sedang melantik Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal., M.Eng., IPU., ASEAN., Eng menjadi Rektor Uniba. (Foto: Humas Uniba)

BATAMTODAY.COM, Batam - Universitas Batam (Uniba) memiliki rektor baru. Namanya, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal., M.Eng., IPU., ASEAN., Eng. Dia dilantik di gedung Rumengan Hall Batam Center, Selasa (26/3/2024). Sebelumnya, Samsul Rizal telah dua periode memimpin Universitas Syiah Kuala di Aceh (Unsyiah).

Ketua Yayasan Griya Husada Batam Dr H. Rusli Bintang menyaksikan pelantikan rektor baru tersebut oleh Pengawas Yayasan Griya Husada Uniba yakni Rusli Muhammad.

Hadir juga Kadis Pendidikan Kepri Andi Agung, Warek I Prof. Dr. Ir. Chablullah Wibisono, M.M, Warek II Dr. Angelina Leonora Rumengan, S.Kom., M.M.Si, Warek III Dr. Mohamad Gita Indrawan, S.T., M.M dan Kepala LPPM Uniba Dr. Malahayati Rusli Bintang, BSc., MPH serta dekan fakultas dan ketua program studi Uniba.

Usai dilantik, Samsul Rizal mengatakan, dirinya akan terus berbenah mengembangkan berbagai aspek sesuai visi dan misi Uniba untuk membawa perubahan akreditasi unggul untuk seluruh program studi.

"Bisnis kita adalah pendidikan tinggi, bisnis kita yang terutama bagaimana meningkatkan mutu pendidikan tinggi, sehingga dipercaya oleh anak-anak kita dan orangtua yang menitipkan anaknya untuk mendapatkan pengajaran dan pengetahuan dari para pengajar di Uniba," ujar Samsul Rizal.

Samsul Rizal menambahkan, sejak menjadi Rektor Unibersitas Syiah Kuala banyak pencapaian yang diraih Unsyiah, salah satunya nilai akreditasi institusinya naik dari C ke A dalam waktu terbilang cukup singkat.

Mengakhiri sambutanya Samsul Rizal mengajak seluruh sivitas akademi dan para karyawan Uniba untuk bersatu padu mengembangkan program studi menuju unggul.

"Siapapun rektor dan sehebat apapun rektornya tidak akan mengubah apapun jika tidak ada komitmen dan integritas bersama, hal ini dimulai dari jabatan yang paling sederhana hingga yang paling tinggi di jajaran Uniba," teganya.

Samsul Rizal lahir di Idi Rayeuk Aceh Timur 8 Agustus 1962. Menamatkan S2 nya di Master of Mechanical, Tohoyasi University of Technologi Jepang. Kemudian menyelesaikan program doktor di bidang Struktural Integrity Jepang.

Sementara itu, Pengawas Yayasan Griya Husada Batam Rusli Muhammad menegaskan agar seluruh karyawan di lingkungan Uniba lebih memperhatikan tugas dan fungsinya untuk mengedepankan loyalitas terhadap kinerjanya.

Kemudian, Kadis Pendidikan Provinsi Keri Andi Agung menyampaikan rasa syukur atas keberadaan Uniba yang telah banyak mendidik dan menghantarkan para alumninya menjadi pejabat dan pimpinan di sejumlah institusi.

Andi Agung berharap kehadiran Uniba juga dapat menyasar untuk para pelajar putra-putri yang berasal dari Provinsi Kepri yang berada jauh, seperti di Kabupaten Natuna, Lingga dan Anambas untuk dapat bergabung guna berkuliah di Uniba yang memiliki sejumlah pilihan program studi yang terakreditasi seperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi & Bisnis.

Juga, Program Pascasarjana yaitu Magister Akuntansi, Magister Ilmu Hukum & Magister Kenotariatan, Magister Manajemen dan Magister Perencanaan Wilayah. Selain itu Uniba juga memiliki strata tiga yaitu program doktor manajemen sumber daya manusia.

Editor: Dardani