Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Kawasan Industri di Mukakuning Lumpuh Total
Oleh : kli/dd
Rabu | 03-10-2012 | 08:43 WIB
buruh-310-mk-lumpuh.gif Honda-Batam
Ribuan buruh memenuhi Simpang Panbil di kawasan Mukakuning sebelum bergerak menuju Batam Centre.

BATAM, batamtoday - Dua kawasan industri di daerah Mukakuning yakni Batamindo dan Panbil lumpuh total. Pasalnya, semua buruh pekerja di perusahaan turun ke jalan untuk melangsungkan aksi demo nasional, Rabu (3/10/2012).


Sekitar pukul 08.00 WIB, semua buruh dari kedua lokasi industri dipastikan turun ke jalan. Setiap pintu kedua lokasi industri dijaga ketat oleh puluhan sekuriti.

Pantauan batamtoday di Simpang Panbil, Mukakuning aksi demo masih berlangsung damai. Ribuan buruh dari setiap PUK sudah berkumpul di lokasi dan membawa bendera PUK masing-masing yang didominasi buruh FSPMI.

Suprapto, koordinator Garda Metal di lokasi mengatakan semua buruh dari kedua lokasi industri dipastikan turun ke jalan, khusunya anggota FSPMI. Karena sebelum aksi ini, pengurus PUK  sudah melayangkan surat pemberitahuan kepada setiap perusahaan.

"Saya pastikan semua buruh turun ke jalan, khusnya anggota FSPMI di Mukakuning," katanya.

Selanjutnya, kata Suprapto aksi ini sendiri akan dilanjut ke daerah Batam Center tepatnya ke gedung DPRD dan Pemko Batam. Ribuan buruh diperkirakan mulai bergerak sekitar pukul 09.00 WIB dari Mukakuning menuju Batam Center.

"Setelah berkumpul di simpang Panbil buruh Mukakuning dan Tanjunguncang akan dilanjut ke gedung DPRD dan Walikota Batam," jelasnya.

Sementara itu, pantauan di kawasan industri Tunas Batam Centre, buruh juga mulai memblokir kawasan industri tersebut. Mereka melarang rekannya bekerja dan mengajak ikut serta bergabung dalam aksi demo kali ini.

Pihak pengelola kawasan juga tampak menutup akses masuk ke lokasi itu. Dua portal diturunkan dan buruh hanya berkonsentrasi di gerbang luar kawasan industri.