Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ribuan Buruh Sudah Padati Jalanan
Oleh : ypn/dd
Rabu | 03-10-2012 | 07:41 WIB

BATAM, batamtoday - Ribuan buruh dari berbagai perusahaan yang beroperasi di kawasan industri Batamindo (Mukakuning) dan Panbil sudah memadati pinggir ruas jalan di kawasan tersebut sejak pukul 05.30 WIB memersiapkan barisan demonstrasi.


Konsentrasi massa terlihat di depan kawasan industri Batamindo dan kawasan industri Panbil, Rabu (3/10/2012).

Arus kendaraan sudah mulai terhambat di kedua ruas jalan kawasan tersebut karena para buruh mulai membentuk barisan di pinggir jalan.

Kerumunan massa saat itu terlihat paling banyak terkonsentrasi di depan kawasan industri panbil.

Beberapa bis karyawan terlihat hilir mudik menurunkan para buruh yang ikut berdemonstrasi di depan gerbang utama kawasan industri Panbil.

Pengamanan kawasan industri Batamindo dan Panbil juga terlihat ditingkatkan dengan adanya pagar kawat berduri mengililingi gerbang utama kedua kawasan industri tersebut.

Di depan gerbang utama kedua kawasan industri itu pun tampak dikawal beberapa personil TNI dan kepolisian bersenjata lengkap.

Puluhan personil TNI dan kepolisian juga tampak berjaga di belakang ribuan para buruh yang mulai berbaris di pinggir jalan.

Selain menjadi titik awal keberangkatan gelombang demo buruh yang bekerja di sana, kedua kawasan industri itu pun menjadi rute konvoi gelombang demo buruh yang berasal dari kawasan industri perkapalan Tanjunguncang.

Namun sejumlah obyek vital yang menjadi rute konvoi demonstrasi terlihat tidak mendapat peningkatan pengamanan yang berarti seperti pemasangan kawat berduri atau pengawalan aparat.

Seperti SPBU Pandan Wangi, Kepri Mall dan SPBU Duta Mas, tampak tidak ada aktivitas yang berbeda.

Ruas jalan di sepanjang rute konvoi mulai dari Batuaji, Mukakuning hingga Batam Center juga belum tampak mendapat penjagaan personil kepolisian.