Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dr Aqua Dwipayana Ingatkan Hotel adalah Bisnis Pelayanan, Utamakan Keterampilan Komunikasi dan Keramahtamahan
Oleh : Redaksi
Minggu | 17-03-2024 | 09:33 WIB
AQUA-BATU-btd.jpg Honda-Batam
Flayer Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk

BATAMTODAY.COM, Malang - Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana mengatakan hospitality bisa didefinisikan sebagai bisnis jasa yang sangat tergantung pada pelayanan terhadap tamu. Keramahtamahan merupakan modal utama agar bisnisnya bisa berkembang dengan baik.

"Maka di sinilah terletak makna penting keterampilan komunikasi bagi siapapun yang bekerja di sektor hospitality ini," ungkap Dr Aqua Dwipayana menjelang Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk "Mengoptimalkan Kemampuan Komunikasi Seluruh Karyawan untuk Memberikan Pelayanan Terbaik ke Semua Tamu" pada Rabu (13/3/2024).

Sharing dilakukan kepada seluruh karyawan dan unsur pimpinan Hotel Golden Hill Kota Batu. Juga hadir sebagian pegawai Hotel Golden Tulip Holland Resort Batu. Kegiatan yang dilaksanakan dalam dua sesi pada pagi dan siang tersebut dilangsungkan di Kensington Ballroom Jalan Raya Oro-Oro Ombo No. 11, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Hotel Golden Hill adalah "adik" dari hotel terkemuka di Kota Batu yakni Golden Tulip Holland Resort Batu yang dimiliki oleh dua pengusaha besar Sonny Njonoriswondo dan Linggarjanto Budi Oetomo. Keduanya merupakan sahabat akrab Dr Aqua Dwipayana.

Inilah untuk kedua kalinya Dr Aqua Dwipayana berbicara di lingkungan manajemen kelompok hotel tersebut. Sebelumnya pada 14-15 Maret 2023, pria dengan jejaring pertemanan sangat luas itu berbicara kepada sekitar 500 peserta dalam kegiatan sharing yang terbagi dalam empat sesi. Saat itu, pesertanya seluruh pegawai Hotel Golden Tulip Holland Resort Batu, Holland Bakery, dan Optik Internasional. Tempatnya di hotel tersebut.

Dr Aqua Dwipayana menegaskan dirinya sangat familiar dengan Hotel Golden Tulip Holland Resort Batu. Bisa dibilang hotel terbaik di Kota Batu ini merupakan 'rumahnya' di Batu karena dirinya sudah sering menginap di hotel bintang lima itu.

"Saya sangat terkesan dengan keramahan semua pegawainya, arsitektur hotelnya, kenyamanannya termasuk di kamar yang relatif luas, serta udaranya yang sejuk dengan pemandangannya yang indah sekali. Hal ini menjadi nilai lebih dari hotel dengan jaringan yang menginternasional ini," ucap pria yang berasal dari Kota Padang, Sumatera Barat itu.

Dr Aqua Dwipayana yang sudah berkeliling Nusantara bahkan mancanegara untuk menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasinya tersebut, menegaskan bahwa dalam konteks relasi di dunia bisnis hospitality atau perhotelan, peran komunikasi tidak boleh disepelekan. Bahkan sangat penting dan utama.

Bisnis hospitality sesungguhnya memiliki jenis yang bermacam-macam. Kegiatannya bukan hanya perhotelan, tapi juga merambah pada berbagai konsentrasi yang relevan dan spesifik yang melibatkan banyak orang. "Maka di sinilah terletak makna penting keterampilan komunikasi bagi siapapun yang bekerja di sektor hospitality ini," ungkap Dr Aqua Dwipayana.

Lebih jauh disampaikan pembicara yang telah memotivasi jutaan orang baik di Indonesia maupun puluhan negara itu bahwa komunikasi dalam bisnis perhotelan adalah kunci untuk menjaga keberhasilan operasional dan memberikan layanan terbaik kepada tamu. Berikut adalah beberapa aspek penting komunikasi dalam bisnis perhotelan:

"Komunikasi yang jelas, ramah, dan profesional dengan tamu adalah kunci untuk memastikan pengalaman mereka berjalan lancar. Ini mencakup komunikasi saat pemesanan, selama proses check-in dan check-out, serta saat mereka tinggal di hotel," ujar Dr Aqua Dwipayana.

Tim hotel lanjut Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat itu perlu berkomunikasi secara efektif antardepartemen, seperti antara resepsionis, housekeeping, dapur, dan layanan kamar. Hal ini penting untuk memastikan bahwa semua bagian dari operasi hotel berjalan dengan lancar dan efisien.

Pelatihan yang baik dalam komunikasi menurut Dr Aqua Dwipayana adalah penting untuk semua karyawan. Mereka harus dilatih untuk berkomunikasi secara komprehensif baik dengan tamu maupun dengan sesama karyawan. Ini termasuk keterampilan komunikasi lisan dan tulisan, serta kemampuan untuk memahami kebutuhan dan keinginan tamu.

"Dalam situasi darurat atau krisis, komunikasi yang cepat dan efektif sangat penting. Tim hotel harus memiliki prosedur yang jelas untuk berkomunikasi dengan tamu dan staf dalam situasi seperti kebakaran, bencana alam, atau ancaman keamanan," kata Dr Aqua Dwipayana menegaskan.

Penulis buku super best seller Trilogi The Power of Silaturahim itu juga menyinggung ihwal komunikasi pemasaran yang efektif sebagai kunci menarik tamu baru dan mempertahankan tamu yang sudah ada. Ini termasuk penggunaan situs web, media sosial, materi pemasaran, dan kampanye iklan guna menimbulkan perhatian para tamu potensial.

Hotel lanjut Dr Aqua Dwipayana perlu mengumpulkan umpan balik dari tamu agar dapat terus meningkatkan layanan mereka. Komunikasi yang efektif dalam mengelola umpan balik ini adalah kunci untuk memastikan kepuasan tamu dan meningkatkan reputasi hotel.

'Hotel membutuhkan pasokan berbagai barang dan layanan. Komunikasi yang efektif dengan pemasok penting untuk memastikan bahwa kebutuhan hotel terpenuhi tepat waktu dan dengan kualitas yang baik," ucap Dr Aqua Dwipayana menegaskan.

Sering Bicara di Hotel

Ini bukan pertama kali pria santun dan rendah hati tersebut menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di lingkungan perhotelan. Sebelumnya, pria yang hobi silaturahim ini sudah berkali-kali memberikan materi inspiratif dan bernasnya kepada para pimpinan staf yang bekerja di sektor hospitality atau perhotelan dan pariwisata.

Pada Februari 2022, Dr Aqua Dwipayana terbang ke Makassar, Sulawesi Selatan untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk "Menjadi Pribadi yang Dicintai Rezeki" kepada unsur pimpinan dan karyawan Hotel Novotel, Makassar. Pria yang hobi membaca itu memenuhi undangan dari General Manager Hotel Novotel Makassar Grand Shayla, Antonius Whisnu Wijaya.

Saat itu, Dr Aqua Dwipayana mengulas banyak hal. Di antaranya agar selalu bersyukur dan meniatkan bekerja sebagai ibadah. Pria rendah hati itu menceritakan berbagai pengalaman pribadinya sehingga lancar melaksanakan banyak aktivitas dan mendapat banyak rezeki termasuk selama pandemi Covid-19.

"Kuncinya agar selalu bersyukur dan bersikap ikhlas melaksanakan semua aktivitas. Kemudian meniatkannya sebagai ibadah. Melakukan sepenuhnya karena Tuhan, bukan yang lain," jelas Dr Aqua Dwipayana.

Kemudian, pada 21 September 2022, pria yang menempuh studi S1, S2, dan S3, linier di bidang Komunikasi tersebut menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk "Meningkatkan Kemampuan Komunikasi untuk Mengoptimalkan Kinerja" di hadapan unsur pimpinan dan karyawan Hotel Grand Inna Tunjungan Surabaya.

Sebelumnya, Dr Aqua Dwipayana juga pernah berbicara di hadapan unsur pimpinan dan para karyawan Hotel Grand Mercure Malang Mirama dan Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama serta hotel-hotel terkemuka lainnya di Indonesia.

Pertama Kali Nginap di Hotel Golden Hill

Dr Aqua Dwipayana Senin (19/2/2024) malam untuk pertama kalinya menginap di Hotel Golden Hill Batu. Setelah berkali-kali mendapat tawaran bermalam di hotel bintang empat itub oleh pemiliknya Linggar dan Sonny.

Senin malam itu Dr Aqua Dwipayana menjadi tamu spesial Sonny. Sekitar 5 jam hingga pukul 23.30, mereka ngobrol di resto Sky Hill Dining & Bar yang terletak di lantai paling atas hotel tersebut. Resto tersebut Sabtu (24/2/2024) mulai dibuka untuk umum.

"Saya merasa sangat terhormat dan spesial karena sebelum resto Sky Hill Dining & Bar dibuka untuk umum, lebih dulu menikmatinya. Apalagi ditemani oleh pemilik Hotel Golden Hill yang sangat rendah hati yaitu Pak Sonny," tutut Dr Aqua Dwipayana.

Sambil makan Soto ayam Madiun, Sate ayam stasiun Jakarta, Ayam goreng pandanwangi, dan Notting hill springroll, mereka menikmati panorama 360 derajat keindahan Kota Batu.

Malam itu mereka sama-sama menginap di hotel tersebut. Dr Aqua Dwipayana mendapat kamar yang terbaik dari Sonny.

Khusus selama dua malam di Hotel Golden Hill, Dr Aqua Dwipayana mempunyai pengalaman menarik. Menginap di kamar 710 yang merupakan kamar terbaik (Family Suite) di hotel itu.

Saat pagi hari dari teras kamarnya melihat matahari terbit. Menikmati pemandangan indah kota Batu dengan latar belakang Gunung Arjuno dan udaranya yang sejuk sekali.

"MasyaAllah... Saya mendapat banyak rezeki yang luar biasa selama menginap di dua hotel milik Pak Linggar dan Pak Sonny," ujar Dr Aqua yang telah dianggap saudara oleh dua pengusaha sukses tersebut.

Tentang Hotel Golden Hill Kota Batu

Hotel Golden Hill yang menjadi bagan dari kelompok Golden Tulip ini memberikan nuansa baru pada perhotelan di Kota Batu. Golden Hill by Golden Tulip hadir sebagai hotel bintang 4 yang memberikan kenyamanan artistik dan modern. Hotel yang terletak di Jalan Raya Oro-Oro Ombo Kota Batu ini, dilengkapi dengan 136 kamar termasuk 7 kamar suite yang nyaman.

Golden Hill by Golden Tulip merupakan 'adik' dari Golden Tulip Holland Resort Batu. Golden Hill by Golden Tulip dibuat untuk menjadi hotel berstandar internasional yang sesuai dengan harapan para wisatawan saat ini. Hal tersebut selaras dengan tagline Golden Hill yaitu 'Be Young. Be Different'. Dalam perjalanannya, Golden Hill berusaha untuk memberikan pengalaman yang unik dan berjiwa muda bagi setiap pengunjung.

Selain menyediakan 136 kamar, hotel ini juga memiliki ruang Manchester Meeting Roomser yang dapat digunakan untuk pertemuan, konferensi, dan acara sosial. Ruang serbaguna ini memiliki kapasitas 200 orang dengan penataan U-shape.

Selain itu, juga terdapat Kensington Ballroom yang bisa menampung hingga 150 orang dengan penataan round table. Golden Hill ditata apik dengan menggabungkan desain yang unik termasuk juga fasilitas bisnis dan rekreasi.

Tak hanya itu, para pengunjung juga dapat memanjakan diri dengan kuliner yang beragam di restoran dan lounge NottingHill Cafe. Restoran tersebut menawarkan beragam hidangan khas Indonesia dan Asia serta cemilan lezat khas barat yang menggunakan bahan-bahan lokal dan segar.

Fasilitas lain yang tak kalah memanjakan pengunjung adalah Sky Hill Dining & Bar. Tempat ini merupakan destinasi wajib yang harus dikunjungi oleh wisatawan termasuk tamu-tamu yang menginap untuk bersantai dan menyegarkan pikiran.

Terletak di bagian Rooftop, Sky Hill Dining & Bar ini tidak hanya mengundang selera makan tetapi juga menciptakan pengalaman visual yang indah dengan mengusung nuansa Mediterania. Tempat ini juga dilengkapi dengan bar dan kolam air hangat untuk menambah kenyamanan pengunjung.

Visi:

Menghadirkan Hotel dengan konsep yang baru yang yang lebih segar dengan keramahtamahan dan kenyamanan di jantung kota Batu.

Memberikan Komitmen dalam menciptakan pengalaman menginap yang dinamis dalam suasana modern dan penuh semangat.

Golden Hill by Golden Tulip memberikan fleksibilitas, dan menghadirkan suasana baru yang akan Fit-in untuk mengakomodasi semua pangsa pasar mulai dari pemerintahan, korporasi, tamu individu, keluarga, hingga tempat berkumpul teman sejawat.

Misi:

Berfokus untuk memberikan produk dan pelayan yang berstandar internasional dengan selalu konsisten memberikan pelatihan kepada semua karyawan.

Berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik sesuai harapan tamu.

Melakukan inovasi secara terus-menerus untuk selalu menjadi yang terdepan.

Pimpinan: Debby Resnatari (Cluster General Manager Golden Tulip Holland Resort Batu & Golden Hill by Golden Tulip).

Nilai-nilai yang selalu ditekankan pimpinan kepada semua pegawai: Kerja dari hati, integritas itu penting dan tidak bisa dibeli. Sepintar apapun orang jika tidak punya integritas, kerja di manapun akan gagal.*

Editor: Dardani