Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Besok, 25 Ribu Buruh Dipastikan Turun ke Jalan
Oleh : kli/dd
Selasa | 02-10-2012 | 14:02 WIB
suprapto-spmi.gif Honda-Batam
Suprapto, Sekretaris Konsulat FSPMI Batam.

BATAM, batamtoday - Sebanyak 25 ribu buruh anggota Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Batam siap turun ke jalan untuk melakukan aksi mogok kerja massal, Rabu (3/10/2012). 


Suprapto, Sekretaris Konsulat FSPMI Batam mengatakan sebanyak 25 ribu buruh siap turun ke jalan untuk menuntut penghapusan outsourcing, penolakan upah murah, pemberlakuan Undang-undang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Januari 2014 dan pembayaran upah kelompok usaha. 

Aksi ini akan berlangsung di empat lokasi kawasan industri yakni Mukakuning, Tanjunguncang, Batam Center dan Batu Ampar.

"Memang kawasan industri di Batam ini ada lima, namun yang paling kita fokuskan di empat lokasi tersebut," katanya.

Aksi itu sendiri, kata Suprapto, akan berlangsung sejak pagi sekitar pukul 06.00 WIB. Dimana setiap anggota FSPMI di semua perusahaan akan turun ke jalan, dan selanjutnya bergerak menuju Kantor DPRD dan Kantor Wali Kota Batam.

"Pemerintah harus pastikan keempat poin tuntutan buruh itu dipenuhi," jelasnya.

Informasi sebelumnya, aksi mogok kerja yang dilakukan ribuan buruh FSPMI kota Batam akan berlangsung di lingkungan perusahaan. Namun, hal ini ditegaskan lagi oleh Suprapto yang juga koordinator Garda Metal bahwa ribuan buruh itu akan turun ke jalan.

"Aksi mogok yang akan kami lakukan ini langsung turun ke jalan. Setelah berkumpul di beberapa titik yang ditentukan, aksi ini akan berlanjut ke gedung DPRD dan Kantor Wali Kota Batam,"terangnya.

Terkait aksi pada hari berikutnya, Kamis (4/10/2012) kata Suprapto masih relatif. Jika keempat tuntutan buruh itu dipenuhi pada aksi pertama kemungkinan aksi kedua tidak akan berlangsung. Namun, jika keempat tuntutan itu belum ada kepastian maka aksi kedua itu pun dipastikan akan terjadi.