Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BRK Syariah Teken MoU dengan BSSN dan BSrE Terkait Perlindungan Informasi Transaksi dan Pemanfaatan Sertifikat Elektronik
Oleh : Aldy
Kamis | 07-03-2024 | 12:24 WIB
MoU-BRKS-BSSN.jpg Honda-Batam
Penandatanganan MoU antara BRK Syariah dengan BSSN dan BSrE di Hotel Marriott, Harbour Bay Batam, Kamis (7/3/2024). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bank Riau Kepri (BRK) Syariah (Perseroda) melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) tentang Perlindungan Informasi dan Transaksi Elektronik, di Hotel Marriott, Harbour Bay Batam, Kamis (7/3/2024).

Bersamaan dengan itu, BRK Syariah juga melakukan penandatanganan MoU dengan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) --Unit Pelaksana Teknis (UPT) di BSSN-- tentang Pemanfaatan Sertifikat Elektronik pada sistem elektronik di lingkungan PT Bank Riau Kepri Syariah.

Direktur Operasional BRK Syariah, Said Syamsuri, menyampaikan terkait transaksi elektronik, pihaknya telah melakukan kerja sama sebelumnya, bahakan BRK Syariah sudah menerima penghargaan dari Tim Tanggap Insiden Siber BSSN pada 20 Februari 2023 lalu. "Alhamdulillah Tim BRK Syariah sudah bekerja dengan sebaik-baiknya, dan kami terus menerus melakukan monitoring," ujar Said Syamsuri.

Demikian juga terkait sertifikasi, Said Syamsuri melanjutkan, korespondensi di lingkungan BRK Syariah juga akan bekerja sama dengan balai sertifikasi elektronik, yang merupakan unit pelaksana teknis layanan pengguna tanda tangan elektronik. Sebab, BSE merupakan lembaga sertifikasi yang terdaftar dan diakui oleh Pemerintah Indonesia.

"Salah satu bentuk transformasi yang berkembang adalah tanda tangan elektronik. Diharapkan dengan adanya kerja sama ini, akan ada efesiensi biaya dan waktu. Kegiatan perbankan bisa dilakukan kapan dan di mana saja," jelas Said Syamsuri.

Ia menambhakan, berbagai manfaat yang bisa dirasakan BRK Syariah atas dilakukannya MoU ini, di antaranya mengurangi biaya cetak, biaya pengiriman dan biaya lain, serta dapat meningkatkan konektivitas dan peningkatan pelayanan. Terpenting, dapat menjaga keamanan dan kerahasiaan.

Sebab, saat penanda tanganan, sistem dilengkapi dengan fitur keamanan yang kuat dan mencegah pemalsuan dokumen. "Ini merupakan langkah pasti untuk naik level pada servis kualitas yang unggul dibidang keuangan. Dengan adanya kerja sama ini, digitalisasi BRK Syariah semakin tumbuh dan semakin baik," ungkap Said Syamsuri.

Di lokasi yang sama, Sekretaris Utama BSSN, YB Susilo Wibowo, menyampaikan penandatanganan MoU ini adalah bentuk komitmen pemerintah dalam menjamin keamanan siber nasional. Saat ini BSSN sudah bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk perbankan.

"Dengan semakin meningkatnya dunia digitalisasi, maka keamanan siber sangat dibutuhkan sebagai upaya adaptif dan inovatif dalam melindungi seluruh lapisan di ruang siber, termasuk ancaman siber," katanya.
Susilo menambahakan, sertifikasi elektronik dari BSSN ini akan memberikan dukungan keamanan informasi dan pelaksanaan e-government. BSSN juga telah dinyatakan resmi sebagai penyelenggara sertifikasi elektronik instansi dari Kominfo RI.

"Ada tiga aspek kemanan yang diberikan pada sertifikasi elektronik ini, yakni menjamin identitas pemilik dokumen, menjamin isi dokumen tidak mengalami perubahan dan menjamin tidak ada pihak yang melakukan penyangkalan dari dokumen tersebut," pungkasnya.

Bank merupakan salah satu yang terlibat langsung dalam strategi kelancaran siber, pemerintah berkomitmen untuk mengamankan sektor keuangan sebagai sektor keamanan yang utama. Sebab hal itu juga bisa berdampak pada kepentingan umum, pelayanan publik, pertahanan keamanan dan perekonomian nasional.

"Dengan kolaborasi yang kuat antara pemerintah dengan sektor perbankan, kami yakin dapat memperkuat sistem keuangan yang kuat dan meningkatkan kepercayaan masyarakat," imbuh Said Syamsuri.

Hadir dalam acara tersebut, Komisaris Utama BRK Syariah, Syahrial Abdi; Komisaris Independen, Roy Prakoso; Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko, Fajar Restu Febriansyah; Direktur Dana dan Jasa, M A Suharto; Pemimpin Divisi Sekretariat Perusahaan, Edi Wardana; Pemimpin Divisi Hukum, Arhim; Branch Manager BRK Syariah Cabang Batam, Irsyadi Sukri; Pemimpin Cabang Pembantu Botania, Khalfian Panca Putra; Pemimpin Cabang Pembantu Lubuk Baja, Saharlis; Pemimpin Cabang Pembantu Batu Aji, Agus Faisal; Pemimpin Cabang Pembantu Tiban, Febriyadhi; dan Pemimpin Cabang Pembantu SP Plaza, Varian.

Turut hadir Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN, Berty BW Sumakud; Kepala Balai Sertifikasi Elektronik, Jonathan Gerhard T.

Editor: Gokli