Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cegah Kebocoran PAD, Sekda Kota Tanjungpinang Ajak Pedagang Maksimalkan QRIS
Oleh : Redaksi
Selasa | 05-03-2024 | 18:15 WIB
Sekda-TPi1.jpg Honda-Batam
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Zulhidayat, S.Hut. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemko Tanjungpinang mengapresiasi subsidi kolaborasi Pemprov Kepri dengan Bank Riau Kepri (BRK) dengan bunga nol persen.

Dengan harapan, ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh pengusaha kecil atau usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar terhindar dari pinjaman di luar dengan tawaran bunga yang tinggi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Zulhidayat, S.Hut mengatakan sejalan dengan itu terkait QRIS sejalan dengan digitilasi di daerah sangat bagus menuju pada transparansi pembayaran.

"Kita meminimalisir kebocoran yang terjadi terutama pada PAD ke depannya," ujar Zulhidayat, Senin (4/3/2024) dilansir dari laman Pemko Tanjungpinang, Selasa (5/3/2024).

Disamping itu, kata Zulhidayat bahwa subsidi di Kota Tanjungpinang tidak dalam bentuk modal melainkan bantuan UMKM, sarana dan prasarana seperti gerobak pedagang.

"Dulu kita ada bantuan sebanyak 79 gerobak, jadi kita bagi peran, kami bantu sarana prasarana, kemudian Provinsi bantu permodalan, dan BRK bantu subsidi," sebutnya.

Salah satu pedagang, Viyan mengaku sangat bersyukur dengan hadirnya subsidi kepada pedagang kecil. Melihat bunga yang katanya nol persen, menjadikan pedagang ikut bersemangat mengembangkan usaha mereka.

"Kita juga takut kalau pinjam uang ini, apalagi kalau dapat pinjaman yang pakai bunga, tentu mikir dua kali, tidak setiap hari jualan kita bisa dapat omzet besar, makanya program tadi saya sangat senang, sangat meringankan kami yang usahanya sehari-hari jualan," kata Viyan.

Editor: Yudha