Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Petugas Disduk Hang Nadim Amankan Puluhan KTP Palsu
Oleh : Ali
Senin | 28-02-2011 | 14:18 WIB

Batam, batamtoday - Petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemko Batam di Bandara Hang Nadim Batam menemukan puluhan kartu tanda penduduk (KTP) Batam palsu saat melakukan pemeriksaan terhadap calon Tenaga Kerja Indonesia yang lewat pintu masuk bandara tersebut.

"16 KTP palsu ini diketahui setelah petugas melakukan pemeriksaan melalui pintu kedatangan sejak bulan Januari hingga Februari" ujar Tamrin koordinator pos Disdukcapil Kota Batam di Bandara Hang Nadim kepada batamtoday pada Senin, 28 Februari 2011.

Tamrin mengatakan KTP palsu yang berjumlah belasan itu diketahui memiliki beragam versi asal pembuatan kecamatan di Batam serta beberapa diantaranya merupakan KTP model lama yang masih berwarna kuning.

Setap bulannya terdapat sekitar lima hingga 10 KTP palsu yang ditemukan dan akan segera diserahkan ke kantor Disdukcapil Batam untuk dimusnahkan.

Tamrin mengungkapkan para calon TKI ini sebelum datang ke Batam sudah memiliki KTP yang dipalsukan, bahkan beberapa TKI yang melalui Batam juga diketahui memiliki KTP ganda.

Temuan belasan KTP palsu ini juga beragam kualitas pembuatannya, mulai dari ukuran, warna dan juga ada tanda kode elektronik.

"Setelah kami cek nomor seri yang tertera di KTP itu, tidak didapati melalui registrasi online," terang Tamrin.

Dia menduga pembuatan KTP palsu itu dibuat di Batam oleh sebuah sindikat untuk melancarkan perjalanan calon TKI yang transit maupun langsung bekerja di Batam.