Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sudah Diingatkan Lewat Sosialisasi, ASDP Tanjunguban Siap Tindak Tegas Truk Overload
Oleh : Harjo
Sabtu | 02-03-2024 | 14:04 WIB
truk-antre.jpg Honda-Batam
Antrean truk di Pelabuhan ASDP Tanjunguban. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Truk dengan muatan melebihi kapasistas yang melakukan penyebrangan dari Kota Batam ke Tanjunguban menggunakan kapal RoRo, masih ditemukan beberapa hari belakangan ini.

Mengantisipasi hal itu terulang kembali, ASDP Tanjunguban pun akhirnya memberikan peringatan melalui sosialisasi kepada para pengemudi truk overload tersebut.

Adapun truk overload itu didominasi truk ekspedisi, yang menyebrang dari Pelabuhan ASDP Telega Punggur, Kota Batam. Namun, ke depan ASDP Tanjunguban tak akan segan-segan lagi melakukan tindakan tegas.

"Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) sudah mensosialisasikan mengenai aturan overload ini kepada sopir truk, yang melakukan penyebrangan dengan kapal RoRo," kata Kepala ASDP Tanjung Uban, Sukma Mugraha, Jumat (1/3/2024).

Lanjutnya, selain sosialisasi, BPTD Kemenhub, juga melakukan pendataan beberapa hari ke depan. "Setelah ini, jika masih ditemukan truk overload, bakal kita tindak tegas sesuai aturan yang berlaku," tegas Sukma.

Pada Februari 2024 lalu, sejumlah truk ekspedisi yang menyebrang dari Batam ditemukan membawa muatan melebihi kapasitas. Hal itu diketahui setelah dilakukan penimbangan ulang di Pelabuhan ASDP Tanjunguban.

Editor: Gokli