Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Penjelasan Imigrasi Terkait Antrean Kedatangan Penumpang di Pelabuhan Batam Center
Oleh : Aldy Daeng
Jum\'at | 09-02-2024 | 20:00 WIB
Pelabuhan-Btm-Center11.jpg Honda-Batam
Terjadi lonjakan penumpang di Pelabuhan Internasional Batam Center, Jumat (9/2/2024). (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jumlah perlintasan penumpang WNI dan WNA di Pelabuhan Internasional Batam Center meningkat tajam akibat adanya long weekend hari libur nasional Isra Mi'raj dan Tahun Baru Imlek pada Kamis dan Jum'at ini.

"Sebagaimana kita tahu, Kota Batam menjadi tujuan wisata liburan bagi WNA Singapura, Malaysia, bahkan juga India, RRT, dan Vietnam. Peningkatan penumpang kadangkala disertai dengan penambahan jumlah kapal angkut penumpang mengikuti jumlah permintaan perlintasan keluar masuk WNI dan WNA," ujar Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Batam, Kharisma Rukmana kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (9/2/2024).

Menurutnya, hal-hal yang kerap ditemukan adalah karena terlalu padatnya jumlah perlintasan penumpang disertai kedatangan kapal angkut yang bersamaan. Sementara itu, ada keterbatasan pada jumlah tempat kapal berlabuh dan luas area Imigrasi di Kedatangan dan Keberangkatan. Situasi dan kondisi ini selalu terjadi setiap tahun dan pada masa peak season.

"Secara manajerial, kami telah memahami dan menyusun mekanisme persiapan pelayanan disertai pengawasan sejak awal.

Dari SDM, kami telah memaksimalkan penugasan tim perbantuan, tim piket serta jumlah petugas Imigrasi yang aktif tugas sesuai dengan jumlah konter yang tersedia di masing-masing TPI," ungkap Kharisma Rukmana.

"Kami juga berkoordinasi dan bekerja sama memastikan kelancaran dan keamanan dari sisi Sistem Teknologi dan Pihak Pelabuhan. Kami memaksimalkan pemeriksaan Keimigrasian secepatnya. Namun, dengan tetap mengedepankan ketelitian dan kedisiplinan dalam pengawasan Keimigrasian. Khususnya pemeriksaan terhadap keabsahan Dokumen Perjalanan dan Visa/Izin Tinggal WNA," pungkasnya.

Editor: Yudha