Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Laka Laut Ringan, Pihak SB Solop Indah dan SB Giam Mas Sepakat Berdamai
Oleh : Freddy
Senin | 05-02-2024 | 18:20 WIB
Sepakat-Berdamai1.jpg Honda-Batam
Kapolsek KKP Karimun memediasi perdamaian kecelakaan laut ringan antara kapal SB Solop Indah dengan SB Giam Mas. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Polsek KKP Karimun bersama KSOP Tanjungbalai Balai Karimun melakukan mediasi terkait peristiwa kecelakaan laut ringan antara kapal SB Solop Indah dengan SB Giam Mas saat hendak bersansar di Pelabuhan KPK Karimun, Senin (5/2/2024).

Mediasi dilaksanakan di Pos Kerja Pelabuhan Sri Tanjung Gelam dan dihadiri langsung oleh Kapolsek KKP AKP Young Risa, Kepala Pos KSOP Sri Tanjung Gelam, nahkoda dan perwakilan agen dari kedua belah pihak.

Kapolsek KKP mengatakan, bahwa kapal SB Solop Indah datang dari Selat Beliah menuju Pelabuhan Sri Tanjung Gelam. Saat akan sandar di ponton kedatangan, di depan haluan ada kapal SB Giam mas yang sedang melepas tali dari ponton keberangkatan.

"Pada saat di posisi ponton SB Solop Indah memanggil menggunakan radio HT ternyata baterainya low. Kemudian nakhoda SB Solop Indah melakukan tarik handle ke 3 mesinnya namun kapal tetap jalan lalu menabrak lambung kiri kapal SB Giam Mas," terang Kapolsek KKP.

Kapolsek mengungkapkan, saat terjadi kecelakaan ringan tersebut SB Solop Indah membawa penumpang dewasa 32 orang penumpang anak-anak 1 orang sedangkan SB Giam mas membawa penumpang dewasa 23 orang dan penumpang anak-anak 5 orang. Kecelakaan tersebut tidak menimbulkan korban, hanya kerusakan ringan pada kapal.

"Hasil dari mediasi tersebut kedua belah pihak sepakat berdamai dan diselesaikan secara kekeluargaan. Kerugian yang timbulkan dari kecelakaan tersebut di tanggung masing-masing dan kapal di arahkan untuk perbaikan," tutup Kapolsek.

Editor: Yudha