Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringatan HPN 2024, PWI Bintan Bakal Bedah Rumah Milik Oma di Bintan Timur
Oleh : Syajarul Rusydy
Kamis | 28-12-2023 | 17:28 WIB
Survei-Lokasi-PWI1.jpg Honda-Batam
Pengurus PWI Bintan survei lokasi bedah rumah di Bintan Timur. (Syajarul/BTD)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Program tahunan bedah rumah dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2024, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bintan akan dilaksanakan di wilayah Bintan Timur.

"Sesuai dengan hasil survei oleh pengurus PWI Bintan, kita memutuskan akan merenovasi rumah warga di Bintan Timur," ujar Ketua PWI Bintan, Harjo Waluyo, saat meninjau kondisi rumah yang akan direnovasi, Kamis (28/12/2023) siang.

Dijelaskan, rumah yang akan direnovasi tahun ini milik Sumiyati alias Oma (68), di Kampung Jawa, RT 01/RW 02, Kelurahan Sei Lekop, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan.

"Oma di usia yang tidak muda lagi diketahui tinggal sendiri, dengan kondisi rumah yang kurang layak. Itu salah satu alasan kita melakukan renovasi," terangnya.

Sebagai salah satu bentuk kepedulian dari seluruh Pengurus PWI Bintan, yang juga organisasi wartawan tertua dan sekaligus terbesar di Indonesia, renovasi rumah tersebut rencananya akan dimulai pada awal Januari 2024 mendatang. Dengan harapan agar pada HPN yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2024 rumah sudah bisa diserahterimakan kepada pemiliknya.

"Untuk memastikan rumah yang direnovasi tepat sasaran, sudah terlebih dahulu dilakukan survei ke lapangan oleh Pengurus PWI Bintan. Serta berkoordinasi dengan pihak RT dan RW dan warga setempat," terangnya.

Menurutnya, secara umum rumah milik Oma mulai dari jendela, atap hingga ruangan, memang sudah kurang layak. Atap sudah mulai bocor, sebagian rangka atap sudah mulai rapuh. Ditambah dalam ruangan, hampir tidak sekat antara kamar dan dapur.

"Kegiatan sosial ini, tentu dilakukan untuk ketiga kalinya, sejak PWI Bintan ada. Program ini, akan diakukan demi membantu dan menyukseskan program pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkas Harjo.

Editor: Yudha