Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinas Perkim Kucurkan Dana Rp 300 Juta untuk Lampu Hias di Bintan Utara dan Bintan Timur
Oleh : Syajarul Rusydy
Rabu | 27-12-2023 | 14:28 WIB
AR-BTD-5124-Dinas-Perkim.jpg Honda-Batam
Model lampu hias senilai Rp 300 juta yang di Kabupaten Bintan. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Bintan mengucurkan dana sebesar Rp 300 juta, untuk menghiasi jalanan yang ramai dilalui kendaraan, dengan menata lampu hias yang dikhususkan untuk hari hari besar keagamaan.

Kepala Dinas Perkim Bintan, Mohammad Irzan, mengatakan kegiatan untuk lampu hias itu sudah rampung, dan mulai beroperasi sejak 20 Desember 2023 kemarin. Total anggaran yang dikeluarkan Rp 300 juta dibagi di dua kecamatan.

"Untuk Bintan Timur itu Rp 150 juta, dengan total lampu sebanyak 300. Sedangkan di Kecamatan Bintan Utara sebanyak 300 lampu dengan aggaran Rp 150 juta," papar Irzan saat ditemui di ruang kerjanya Kantor Dinas Perkim Bintan, Kecamatan Bintan Timur, Rabu (27/12/2023).

Dari 600 lampu di dua kecamatan itu, terbagi menjadi 3 jenis lampu, di antaranya jenis lampu LDE, lampu hujan, dan lampung selang. Untuk pengorasiannya menggunakan sensor cahaya, dengan otomatis menyala sesuai waktu yang tetap.

"Jadi lampu itu otomatis, kalau sudah gelap nanti lampunya menyala. Sedangkan daya yang digunakan, menggunakan listrik dari PLN, yang nantinya bakal dibebankan dengan Penarangan Jalan Umum (PJU)," sebut Irzan.

Lampu hias ini, kata Irzan, tidak semanata mata dipasang seterusnya. Namun dikhususkan untuk perayaan hari hari besar keagamaan, misalnya seperti saat ini Natal dan Tahun Baru 2023, kemudian nanti selanjutnya di hari raya imlek dan lebaran.

"Jadi setelah selesai, lampu-lampu ini tidak kita biarkan begitu saja. Langsung kita lepas dan kenakan lagi, sebagai mana peruntukannya. Hal ini agar lampu tidak mudah rusak dan perawatannya bisa lebih efisien," timal Irzan.

Editor: Gokli