Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kawasan Akau Potong Lembu Tanjungpinang Resmi Dibuka Hari Ini
Oleh : Devi Handani
Minggu | 24-12-2023 | 16:05 WIB
kawasan_akau_lembu_pinang.jpg Honda-Batam
Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad meresmikan penggunaan Kawasan Akau Potong Lembu untuk para pedagang pada Minggu (24/12/2023) siang. (Foto: Devi)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad meresmikan penggunaan Kawasan Akau Potong Lembu untuk para pedagang pada Minggu (24/12/2023) siang.

Kawasan ini telah dilakukan revitalisasi sebelum diresmikan. Kawasan kuliner di Akau Potong Lembu tampak lebih menarik dan tertata dari sebelumnya dengan bernuansa elegan dan rapi.

Ansar Ahmad mengatakan revitalisasi Akau Potong Lembu telah mencapai finishing namun permintaan para pedagang meminta pada momen malam natal dan tahun baru agar bisa berjualan maka diresmikan pada hari ini.

"Kita kemarin juga bilang kepada Pj Walikota Tanjungpinang sama sama lelang dini supaya awal tahun dikerjakan sekaligus penataan ruang parkir masjid dan parkir akau dengan menggunakan e catalog,"ujarnya

Selain itu Ansar menginginkan penataan bangunan, kabel listrik untuk diturunkan ke bawah, sehingga Ansar menugaskan Pj Walikota Tanjungpinang melakukan rapat koordinasi bersama Polres, Dishub Provinsi dan Kota Tanjungpinang agar di atur dalam satu arah.

"Kita hanya minta masyarakat patuhi yang sudah kita tetapkan dan jaga kebersihan ini. Maka saya pesan betul ke Perusahaan daerah supaya mereka menyediakan tempat sampah yang cukup," jelas Ansar.

Ansar Ahmad melanjutkan terhadap bangunan sekitarnya akan dilakukan pengecatan ulang sehingga terlihat bagus kedepannya sesuai dengan kesepakatan dengan Pj Walikota Tanjungpinang.

"Saya kalau ini sudah selesai semua penataan selesai tinggal kita kontrol nanti jangan sampai ada genangan air dan kalau hujan terjadi sumbatan di parit," tuturnya.

Pihaknya berkeinginan menata Kota Tanjungpinang karena selain menjadi Ibukota Provinsi Kepri harus bisa menjadikan destinasi wisata unggulan di Kepri

"Maka kita sedang menata semua wilayah Tanjungpinang mulai dari Pulau Penyengat, penataan Gurindam XII, penataan entry Point Jln Bandara dan penataan akau Potong Lembu sebagai heritage foodnya Tanjungpinang," ucap Ansar

Sementara itu Pj Walikota Tanjungpinang Hasan menyampaikan bahwa kawasan ruang terbuka ini dapat dijadikan tempat interaksi sosialisasi masyarakat tujuan lainnya yaitu meningkatkan ekonomi pedagang khususnya Akau Potong Lembu.

"Selanjutnya mendukung destinasi pariwisata kuliner dalam nuansa heritage. Serta dapat menonjolkan kebudayaan di Kota Tanjungpinang dan meningkatkan infrastruktur strategis di perkotaan dan terakhir dapat meningkatkan PAD yang dikelola oleh BUMD Tanjungpinang," terang Hasan dalam sambutannya.

Dalam penataan rehabilitasi kawasan Akau Potong Lembu tersebut dengan menggunakan APBD tahun 2023 pertama penataan kawasan Kuliner oleh bidang cipta karya dengan anggaran Rp3,1 Milyar

Rehabilitasi drainase Akau Potong Lembu oleh Bidang Bina Marga sebesar Rp700 juta. Rencananya pada APBD 2024 dilakukan rehabilitasi jalan Potong Lembu menggunakan aspal dengan menghabiskan anggaran Rp1 Milyar.

"Melalui dana CSR nanti kita akan membangun gerbang akau Potong Lembu insyaallah dengan segera. Mudah-mudahan kawasan ini menjadi kawasan cukup bagus dan kawasan ini semakin baik," pungkasnya.

Editor: Dardani