Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pangkalan PLP Tanjung Uban Gelar FGD Penanggulangan Pencemaran Laut
Oleh : Harjo
Kamis | 07-12-2023 | 17:00 WIB
PLP-Uban1.jpg Honda-Batam
FGD Penanggulangan Pencemaran Laut dan Kebakaran Pangkalan PLP Tanjung Uban. (Harjo/BTD)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pangkalan Penjaga Lautbdan Pantai (PLP) kelas II Tanjung Uban, menggelar Focus Group Discussion (FGD) penanggulanga pencemaran dan pemadaman kebabakaran, di gedung Sarotama Komplek Pangkalan PLP Tanjung Ubam, Kamis (7/12/2023).

Direktur Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP), Jon Kenedy yang hadir langsung dalam FGD tersebut, menyampaikan terkait pencemaran di laut, untuk penagungulangannya sudah sering dilakukan.

Namun melalui FGD ini, diharapkan menemukan solusi dalam hal penanganannya, termasuk mencari sumbernya, serta meningkatnya kesadaran semua pihak tidak membuang limbah ke laut.

"Masih sering terjadi pencemaran, hal tersebut tidak lepas dari kesadaran yang lemah, melalui diskusi diharapkan ada solusi dari permasalahan tersebut," katanya.

Dia berharap, kepada pihak prusahaan di bidang pelayaran, agar memberitahukan kru kapal untuk tidak lagi membuang limbah ke laut.

"Sebaliknya masyarakat nelayan untuk segera melaporkan apabila menemukan adanya temuan terkait pembuangan limbah," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pangkalan PLP Tanjung Uban, Sugeng Riono mengatakan FGD kali ini selain untuk mencari solusi terkait permasalahan pencamaran dan kebakaran, juga menyambung siraturahmi dan sinergitas antar sesama instansi.

Editor: Yudha