Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pramuka Saka Bahari Lanal Karimun Ikuti Sail Cendrawasih 2023
Oleh : Freddy
Rabu | 08-11-2023 | 13:36 WIB
saka-bahari-karimun.jpg Honda-Batam
Komandan Lanal TBK, Letkol Laut (P) Joko Santosa, saat melepas Pramuka Saka Bahari Lanal TBK mengikuti Sail Cendrawasi 2023 di Mako Lanal TBK, Rabu (8/11/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pramuka Saka Bahari Lanal TBK kembali mengikuti event nasional Sail Cendrawasih 2023 dalam pelayaran Lingkar Nusantara. Sebanyak 20 anggota Pramuka Saka Bahari Lanal TBK dilepas dalam upacara di Mako Lanal TBK, Rabu (8/11/2023).

Keikutsertaan Pramuka Saka Bahari Lanal TBK dalam Sail Cendrawasih 2023 diharapkan dapat mengenalkan secara luas budaya-budaya dan keanekaragaman kekayaan Nusantara kepada pemuda pemudi Kabupaten Karimun.

Sehingga pemuda pemudi memiliki kecintaan dan rasa nasionalis yang tinggi serta tumbuh atas kesadaran pribadi, bahwa Indonesia adalah bangsa yang kaya akan budaya dan sumber daya yang secara kelanjutan perlu adanya sikap tegas dalam menjaga dan memelihara hal hal tersebut agar berdayaguna untuk kemajuan Bangsa indonesia.

Hal ini sebagai upaya dalam merealisasikan program pembinaan mental kejuangan generasi bangsa terutama kader penerus pembangunan Kabupaten Karimun.

Pemuda pemudi Karimun sebagai masyarakat kepulauan selayaknya mencintai dan mampu mengembangkan sumber daya kelautan yang dimulai dari menggali karakter dan potensi diri sebagai insan maritim yang kesehariannya dekat dan hidup dari aktivitas kelautan.

Sail Cendrawasih 2023 ini akan diikuti perwakilan Saka Bahari dari tiap-tiap Pangkalan TNI AL seluruh Indonesia, sehingga sangat tepat kiranya dalam memberikan pengajaran pola interaksi dan berbagi pengalaman serta memperluas tali silaturrahmi antara pemuda pemuda Indonesia.

Dalam event ini juga tidak ketinggalan akan diadakan kompetisi kreasi kreasi pengetahuan kepramukaan dan persembahan penampilan budaya masing-masing daerah asalnya untuk dikenalkan kepada seluruh peserta yang mengikuti.

Komandan Lanal TBK, Letkol Laut (P) Joko Santosa, mengatakan keberangkatan perwakilan Pramuka Saka Bahari Lanal TBK merupakan kesediaan dari Pemerintah Kabupaten Karimun yang mendukung penuh dalam mensukseskan keberangkatan perwakilan pemuda pemudi tersebut.

"Harapan kita pemuda dan pemudi Saka Bahari Lanal TBK nantinya tumbuh dan memiliki karakter sebagai pribadi yang mandiri, aktif, inovatif, dedikatif dan bermoral Pancasila," tandasnya.

Editor: Gokli