Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi Konflik pada Pemilu 2024, 805 Personel Gabungan Ikuti Sispamkota di Batam
Oleh : Aldy
Kamis | 12-10-2023 | 12:56 WIB
Sispamkota-Batam.jpg Honda-Batam
Personel gabungan saat mengikuti Sispamkota di Lapangan Tumenggung Abdul Jamal, Mukakuning, Kota Batam, Kamis (12/10/2023). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polresta Barelang menggelar Simulasi Sietem Pengamanan Kota (Sispam Kota) dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu 2024, yang berlangsung di Lapangan Tumenggung Abdul Jamal, Mukakuning, Kota Batam, Kamis (12/10/2023).

Simulasi mengantisipasi terjadinya konflik tersebut melibatkan 805 personel gabungan Polri, TNI dan Satpol PP.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto menjelaskan, Sispamkota ini merupakan role model (panutan) bagi Polres dan Polresta jajaran yang ada di wilayah hukum Polda Kepri.

Dalam simulasi ini pihaknya menyiapkan berbagai fasilitas simulasi, seperti Kantor KPU, Bawaslu, peralatan Dalmas dan perlengkapan lainnya.

Dikatakan Kapolresta Barelang, seandainya dalam pengamanan Pemilu nanti ada gangguan-gangguan terhadap proses Pemilu, maka bisa diatasi dengan langkah antisipasi.

"Misalnya seperti simulasi yang sudah dilakukan tadi, seperti penghadangan dari orang tak dikenal terhadap kotak suara Pemilu, penyerangan orang tak dikenal, penyanderaan dan temuan bom, bisa teratasi dengan adanya pengamanan ini," kata Kombes Pol Nugroho.

Ia berharap semua pihak tidak mudah terprovokasi sehingga memicu terjadi konflik horizontal antar pendukung calon tertentu. "Sispam Kota dilaksanakan dengan sungguh-sungguh supaya kita dapat melaksanakan tugas pengamanan pada seluruh rangkaian tahapan Pemilu," pungkasnya.

Editor: Gokli