Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Relawan GP di Sumbar Usung Motto 'Pasti Menang'
Oleh : Opini
Rabu | 04-10-2023 | 08:20 WIB
A-jam-gadang116.jpg Honda-Batam
Ilustrasi 'Jam Gadang' di Kota Bukittinggi Sumatera Barat. (Foto: Net)

Oleh Abdul Ibrahim Piliang

RATUSAN relawan pendukung Ganjar Pranowo (GP) di seluruh wilayah di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terus memberikan dukungan penuh mereka. Para relawan itu berasal dari berbagai macam kalangan dan golongan rentang usia, mulai dari para generasi muda dan lainnya. Mereka memiliki motto pantang menyerah hingga menang dalam mendukung Capres PDI Perjuangan sebagai Presiden 2024 mendatang.

Gabungan relawan Forlop Indonesia dan Harmoni Indonesia menggelar konsolidasi dan deklarasi dukungan kepada relawan pendukung Calon Presiden (capres) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Ganjar Pranowo. Deklarasi tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 27 September 2023 lalu di Hotel Kawana, Kota Padang.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan antusiasime yang dimiliki oleh seluruh masyarakat di Provinsi Sumatera Barat sangat tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya peserta yang hadir, bahkan hingga sebanyak 200 orang para relawan memadati Hotel Kawana pada saat acara deklarasi dilaksanakan.

Pesta demokrasi dan kontestasi politik dalam pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang memang sudah di depan mata. Atmosfer tersebut juga sudah mulai sangat terasa termasuk di Provinsi Sumbar. Maka dari itu, dalam acara deklarasi yang dihelat, ratusan relawan pendukung Ganjar Pranowo memiliki motto bahwa mereka Pantang Mundur hingga Menang.

Terkait hal itu, Koordinator Lapangan (Korlap) Relawan Forlop Indonesia Tim Harmoni Indonesia Sumatera Barat, Happy Novita mengatakan bahwa konsolidasi para relawan memang sangat penting untuk bisa dilakukan. Pasalnya, dengan adanya konsolidasi maka akan semakin menyamakan visi hingga misi dari para tim pemenangan serta relawan pendukung pemimpin yang identik dengan rambut putih tersebut dalam kontestasi Pilpres 2024 secara umum, dan khususnya di Sumbar sendiri.

Bukan hanya sekedar jumlah mereka yang banyak dan disertai antusiasme luar biasa saja, namun kegiatan deklarasi yang digelar itu juga diikuti oleh sebanyak ratusan masyarakat dari berbagai kalangan dan latar belakang. Bukan hanya dari satu golongan saja, melainkan mulai dari kalangan Generasi Z, kalangan generasi milenial dan juga dari seluruh usia lainnya semuanya berkumpul menjadi satu demi memberikan dukungan penuh untuk kemenangan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Lebih lanjut, untuk para relawan pendukung yang tergabung ke dalam Forlop Indonesia dan Harmoni Indonesia Sumbar, mereka memiliki komitmen yang sangat kuat untuk terus menggencarkan gerakan mereka bahkan secara door to door demi memberikan edukasi kepada seluruh kalangan masyarakat, khususnya di Provinsi Sumatera Barat.

Sehingga tidak melulu mereka menggelar sosialisasi atas nama Ganjar Pranowo saja, melainkan gerakan yang dilakukan oleh para relawan di tengah masyarakat itu juga merupakan sebuah hal yang mampu banyak mendatangkan manfaat atau dampak secara positif untuk warga, seperti edukasi mengenai Pemilu yang anti terhadap gerakan penyebaran berita bohong atau hoaks.

Pemahaman kepada masyarakat untuk bisa menghindari apapun yang berkaitan dengan penyebaran hoaks memang merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, lantaran jika tidak, maka masyarakat sendiri juga akan menjadi semakin kalut dan tatanan stabilitas pada bangsa ini pun akan menjadi terancam karena potensi adanya kemungkinan pecah belah yang bisa saja terjadi.

Perlu diketahui pula bahwa para relawan itu bukan orang partai dan sama sekali tidak berkaitan dengan partai manapun, namun mereka memang murni memberikan dukungannya dan mengonsolidasikan pihak masyarakat untuk bersatu menggalang kekuatan demi pemenangan Ganjar Pranowo.

Meski bukan berasal dari partai, namun para relawan memiliki misi yang sama dengan PDI Perjuangan, yakni terus mengusung dan mengawal kemenangan pemimpin kelahiran Kabupatan Karanganyar itu untuk bisa menjadi Presiden Republik Indonesia (RI) pada tahun 2024 mendatang. Termasuk juga, misi-misi edukasi politik lain kepada segenap elemen masyarakat, khususnya dalam penangkalan berita hoaks mengenai isu-isu tentang Pemilu yang beredar.

Korlap Relawan Forlop Indonesia Tim Harmoni Indonesia yang juga sekaligus sebagai Ketua Relawan Tani Indonesia (RTI) Sumbar tersebut mengaku bahwa pihaknya semakin memantapkan diri untuk benar-benar memberikan dukungan secara penuh kepada sosok Ganjar Pranowo karena sudah mengikuti dan mengenal pemimpin tersebut bahkan sejak dirinya menjabat sebagai Gubernur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) sepuluh tahun terakhir ini.

Pemimpin berusia 54 tahun itu memang merupakan sosok pemimpin masa depan bangsa yang memiliki banyak pengalaman hingga rekam jejak yang mumpuni. Dirinya pernah juga duduk di kursi parlemen sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Kemudian bagaimana rekam jejaknya selama ini sebagai Gubernur di Jateng juga berhasil dibuktikan dengan banyaknya prestasi yang mentereng.

Dengan mengusung motto pantang menyerah hingga menang, sebanyak ratusan relawan pendukung Ganjar Pranowo di seluruh wilayah di Provinsi Sumbar bahkan datang dari berbagai macam kalangan serta latar belakang dari golongan usia yang berbeda terus berkomitmen kuat memberikan dukungan penuh mereka untuk mengawal kemenangan Capres PDI Perjuangan tersebut.*

Penulis adalah Pemerhati Sosial Politik Bermestautin di Jakarta