Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polres Karimun Imbau Masyarakat Waspadai Penipuan Modus Kecelakaan Via Telepon
Oleh : Freddy
Kamis | 21-09-2023 | 18:56 WIB
kasatreskrim-Karimun1.jpg Honda-Batam
Kasat Reskrim Polres Karimun, AKP Gidion Karo Sekali. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kasat Reskrim Polres Karimun, AKP Gidion Karo Sekali mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai penipuan dengan modus kecelakaan lalu lintas.

"Jangan panik jika ada panggilan dari seseorang yang tidak dikenal yang meminta uang. Pastikan dulu kebenarannya," ujar Kasat, Kamis (21/9/2023).

Menurutnya, jika ada laporan tentang kecelakaan atau keadaan darurat dalam keluarga, disarankan untuk memeriksa kebenarannya terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan lebih lanjut.

"Maraknya penipuan melalui media sosial yang menyebabkan sejumlah orang tua siswa di Kabupaten Karimun menjadi korban modus penipuan. Biasanya pelaku memanfaatkan kepanikan orang tua untuk meminta sejumlah uang sebagai syarat pengobatan anak mereka yang diduga terlibat dalam kecelakaan tersebut," terangnya.

Kasat menambahkan, pihaknya telah menerima informasi terkait penipuan yang dialami orangtua siswa di Karimun. Dimana pelaku juga mengklaim telah mengurus administrasi di rumah sakit untuk meyakinkan orang tua korban. Namun, untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut, mereka membutuhkan biaya tambahan.

"Saat ini Sat Reskrim Polres Karimun telah melacak posisi pelaku melalui nomor telepon yang digunakan akan tetapi orang tersebut terlacak berada di wilayah Sulawesi Selatan," tutupnya.

Editor: Yudha