Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Meneropong Pergerakan Relawan GP di Kalangan Emak-Emak Sumbar
Oleh : Opini
Kamis | 07-09-2023 | 15:20 WIB
A-ilustrasi-PEMILU_jpg21556.jpg Honda-Batam
Ilustrasi Pemilu 2024 yang damai di Indonesia. (Foto: Ist)

Oleh Arka Bhadrika Wahyatma

RELAWAN Ganjar Pranowo (GP) terus menggencarkan sosialisasi diseluruh kalangan perempuan atau ibu-ibu di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dengan banyak kegiatan yang bermanfaat. Hal tersebut membuat dukungan kepada Capres itu menjadi semakin meningkat di semua kalangan masyarakat dari berbagai latar belakang dan wilayah di Indonesia.

Sukarelawan yang menamakan diri mereka sebagai Mak Ganjar Sumatera Barat (Sumbat) terus berupaya untuk menghadirkan banyak sekali manfaat di setiap kegiatan yang mereka laksanakan di tengah masyarakat, utamanya bagi kaum perempuan atau ibu-ibu di wilayah tersebut.

Belakangan ini, simpatisan dari Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh PDI-P, Ganjar Pranowo tersebut mengajak kepada kaum ibu di Jalan Sapek Raya Kampung Jambak, Kelurahan Batipuh Panjang, Kemacatan Koto Tangah, Padang untuk terus berkarya melalui adanya pelatihan merajut.

Terkait dengan kegiatan tersebut, Koordinator Wilayah (Korwil) Mak Ganjar Sumbar, Ulfa Yulida menyampaikan bahwa adanya pelatihan merajut kepada kaum perempuan itu memang merupakan sebagai bentuk atau wujud komitmen nyata mereka dalam terus membantu dalam mendorong adanya peningkatan akan pemberdayaan peran dari para perempuan, khususnya di bidang ekonomi.

Bukan hanya bermanfaat untuk mampu semakin meningkatkan pemberdayaan perempuan pada sektor ekonomi saja, namun dengan adanya pelatihan merajut yang tentunya memang sangat bernilai ekonomis tersebut, banyak pula manfaat lain yang bisa diperoleh oleh para perempuan dari kegiatan merajut.

Salah satu diantara sekian banyak manfaatnya adalah untuk bisa mengisi waktu luang yang dimiliki oleh ibu-ibu dengan terus melakukan kegiatan yang positif dan produktif. Karena ternyata dengan kegiatan merajut, maka tentunya mereka juga akan bisa menghilangkan stress, melatih otot, mengembangkan kognitif otak hingga dapat semakin meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Dengan kegiatan pelatihan merajut yang dilaksanakan oleh Relawan Mak Ganjar Sumatera Barat (Sumbar) tersebut kepada para ibu-ibu di sana, juga dapat membantu kaum perempuan tatkala mereka sedang hendak mencari berbagai inspirasi. Selain itu, nanti hasil rajutan yang mereka buat juga bisa dimanfaatkan sendiri, bisa juga diberikan kepada orang terkasih, ataupun bisa pula menjadi produk industry home untuk semakin meningkatkan kegiatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pemberdayaan perempuan pun juga akan terlaksana.

Lebih lanjut, harapan sangat besar disampaikan kepada para ibu-ibu di Sumbar dalam berkreasi sedemikian rupa supaya mereka juga mampu semakin meningkatkan produksi dari hasil karyanya berupa rajutan tas, gantungan kunci, tempat tisu dan sebagainya. Karena nantinya hasil rajutan itu akan bisa diperjualbelikan ditoko souvenir atau toko oleh-oleh agar pangsa pasarnya juga bisa semakin meluas.

Manfaat lain dari kegiatan pelatihan merajut yang digelar oleh relawan pendukung pemimpin yang identik dengan rambut putihnya tersebut juga adalah, hasil rajutan yang bagus akan bisa semakin berpengaruh kepada bagaimana minat yang dimiliki oleh masyarakat pada produk rajutan.

Kebermanfaatan akan kegiatan yang dihelat oleh para Relawan Mak Ganjar Sumatera Barat tersebut diungkapkan oleh salah seorang peserta bernama Atun. Dirinya mengucapkan banyak sekali rasa terima kasih kepada relawan pendukung Ganjar Pranowo itu karena telah melakukan kegiatan bermanfaat ditengah masyarakat sebagai kepanjangan tangan Capres dari PDI Perjuangan tersebut.

Masyarakat di Kota Padang, Provinsi Sumbar itu pun juga berharap agar kegiatan merajut itu bisa terus berkembang ditengah warga sehingga mampu menambah penghasilan mereka, menambah mata pencaharian tembahan bagi para ibu-ibu juga. Selain itu, dirinya juga dengan sangat tegas memberikan dukungan penuhnya kepada Ganjar Pranowo dan berharap agar pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar itu mampu menjadi Presiden pada tahun 2024 mendatang.

Dukungan kepada sosok pemimpin berusia 54 tahun itu untuk terus melaju dalam pesta demokrasi dan kontestasi politik dalam pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang bukan hanya datang dari warga masyarakat di Sumbar saja, namun juga datang dari banyak sekali masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia.

Dirinya bahkan merupakan sosok pemimpin yang sangat dicintai oleh rakyatnya, yang mana hal itu terbukti dari ribuan warga memadati dan hadir secara langsung dalam acara purnatugasnya sebagai Gubernur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Dalam kesempatan itu, ribuan warga langsung berebut untuk bisa bersalaman dengannya dan mengucapkan terima kasih atas dedikasi pemimpin itu. Salah satu warga bernama Siti juga mendoakan agar Ganjar Pranowo bisa terus sukses untuk menjadi Presiden pada tahun 2024 mendatang.

Tentunya bagaimana sangat luasnya dukungan dari seluruh masyarakat di Indonesia tersebut juga sama sekali tidak bisa dilepaskan dari seperti apa peranan besar yang dimiliki oleh seluruh tim relawan pemenangan Ganjar Pranowo yang terus dengan penuh semangat dan komitmen kuat mereka melakukan berbagai macam kegiatan sosialisasi ditengah masyarakat dengan banyak hal yang bermanfaat seperti untuk kalangan ibu-ibu di Provinsi Sumbar.*

Penulis adalah kontributor Gabungan Aksi Ganjar Pranowo Menang (GAGASAN)