Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

GP Dinilai Berhasil Tekan Kemiskinan Jateng, Dukungan Mengalir di Sumbar
Oleh : Opini
Minggu | 03-09-2023 | 11:07 WIB
A-ilustrasi-PEMILU_jpg21552.jpg Honda-Batam
Ilustrasi Pemilu 2024 yang damai di Indonesia. (Foto: Ist)

Oleh Raisha Dahayu

KARENA dinilai berhasil menekan angka kemiskinan di Jawa Tengah (Jateng), bekas pendukung Prabowo Subianto di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kini mendeklarasikan dukungan penuh mereka kepada sosok Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang.

Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh PDI-P, Ganjar Pranowo (GP) terbukti berhasil untuk menghapus jumlah penduduk miskin yang berada di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) selama dirinya menjabat sebagai Gubernur di wilayah tersebut. Tidak tanggung-tanggung, bahkan hingga lebih dari sebanyak 60 ribu jiwa pada sepanjang tahun 2023 ini terselamatkan dari indikator warga miskin.

Data menunjukkan bahwa dari laporan yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah menyebutkan penduduk miskin di wilayah tersebut berhasil mengalami penurunan menjadi 3,79 juta jiwa pada bulan Maret 2023. Jika dilihat secara persentase, maka jumlah itu tandanya menunjukkan bahwa penurunan angka kemiskinan hingga sebanyak 10,77 persen.

Mengenai hal tersebut, Kepala BPS Jateng Dadang Hardiwan mengatakan bahwa catatan positif akan perbaikan ekonomi, mampu terus membawa tingkat penurunan kemiskinan yang terjadi di Jawa Tengah kembali mendekati pada saat sebelum adanya pandemi COVID-19. Diketahui bahwa jumlah penduduk miskin di sana pada Maret 2023 sebesar 3,79 juta orang, yang mana berarti mampu turun sebanyak 66,73 ribu orang apabila dibandingkan dengan bulan September 2022.

Tentunya dengan berangkat dari bagaimana rekam jejak serta pengalaman akan keberhasilan kepemimpinan yang ditunjukkan oleh Ganjar Pranowo selama menjadi Gubernur Jawa Tengah tersebut, membuat sebanyak seratusan orang yang mengaku dulunya sebagai pendukung Prabowo Subianto pada gelaran Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 silam atau yang biasa disebut dengan PS19 di Padang, Provinsi Sumbar, kini mereka menyatakan berpindah dukungan kepada Capres PDI Perjuangan itu.

Adanya deklarasi pergantian dukungan para mantan PS19 kepada sosok pemimpin berusia 54 tahun tersebut juga diwarnai dengan aksi ganti baju dari sebelumnya mereka mengenakan kaos bergambar Prabowo kini berganti menjai kaos bergambar wajah Ganjar Pranowo 2024 atau biasa dikenal dengan GP24.

Terkait dengan adanya acara pergantian dukungan tersebut, Koordinator Relawan GP24 Jhon Kenedi menyatakan bahwa perpindahan dukungan itu disebabkan oleh kekecewaan mereka selama ini terhadap Prabowo Subianto. Bukan hanya itu saja, namun kini mereka benar-benar mencari sosok pemimpin yang mampu menjadi simbol regenerasi kepemimpinan nasional, yang mana hal itu dilihat sangat jelas berada pada figur pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar tersebut.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan para eks relawan PS19 yang kini menyatukan kekuatan mereka untuk mendukung penuh Ganjar Pranowo menjadi Presiden pada tahun 2024 mendatang itu juga berasal dari banyak sekali latar belakang masyarakat yang berbeda, mulai dari para petani, pedagang, pengusaha, kaum milenial, tokoh agama hingga emak-emak dan para aktivis LSM yang seluruhnya kini telah berpindah haluan.

Lebih lanjut, deklarasi yang dilakukan di Kota Padang Sumatera Barat tersebut juga dilakukan oleh beberapa tokoh masyarakat disana, salah satunya adalah Ardian Nova Chaniago yang memiliki harapan sangat besar pada sosok kader dari partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu untuk bisa membangun Indonesia termasuk provinsi mereka agar tingkat kemiskinan dan pengangguran di Tanah Minang bisa diatasi dengan baik.

Tokoh masyarakat Sumbar tersebut melihat bahwa selama ini sosok Ganjar Pranowo memang sudah sangat berhasil untuk menurunkan angka kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah tatkala menjabat sebagai gubernur di sana. Maka dia pun sangat meyakini bahwa pemimpin masa depan bangsa itu mampu melakukan hal yang serupa hingga di seluruh Provinsi yang ada di Tanah Air.

Deklarasi dukungan kepada sosok Capres dari partai berlogo banteng dengan moncong putih tersebut juga terus meluas bahkan hingga ke banyak kalangan masyarakat termasuk para pemuda generasi penerus bangsa, atau generasi milenial.

Diketahui bahwa Ganjar Milenial Center (GMC) Sumatera Barat melakukan deklarasi untuk mendukung penuh sosok Ganjar Pranowo sebagai Presiden Republik Indonesia (RI) pada tahun 2024 mendatang. Koordinator Wilayah (Korwil) GMC Sumbar, Glant Mahkota menegaskan bahwa dilakukannya deklarasi tersebut memang berasal dari kesadaran dan hati nurani mereka selaku generasi penerus bangsa.

Mereka dengan sangat suka rela untuk menjadi relawan muda pendukung pemimpin yang identik dengan rambut putih tersebut dan juga akan terus berkontribusi dalam berbagai macam gerakan intelektual, sosial hingga gerakan ekonomi.

Memang menjadi tidak mengherankan mengapa dukungan kepada Ganjar Pranowo kian hari semakin meningkat saja, bahkan hal tersebut datang dari Provinsi dengan masyarakat yang terkenal religius seperti Sumatera Barat (Sumbar), yang mana tidak tanggung-tanggung bahwa sebagian diantara mereka juga merupakan bekas pendukung Prabowo Subianto. Hal tersebut dikarenakan sosok Ganjar dinilai telah sangat berhasil untuk menekan angka kemiskinan di Jawa Tengah selama dirinya menjabat sebagai Gubernur.*

Penulis adalah kontributor Gerakan Ganjar Pranowo Menang (Gagasan)