Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bangkitkan Nasionalisme, Alasan Pelabuhan Batam Center Konsisten Peringati HUT RI Tiap Tahun
Oleh : Aldy
Jum\'at | 18-08-2023 | 13:32 WIB
hadiah-lomba.jpg Honda-Batam
Pemenang lomba semarah HUT RI ke-78 di Pelabuhan Batam Center saat menerima hadiah dari panitia acara, Kamis (17/8/2023). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Synergy Tharada--pengelola Pelabuhan Internasional Batam Center--konsisten memperingatan Hari Kemerdekaan RI setiap tahunnya.

Bahkan, peringatan HUT RI setiap tahun selalu diupayakan meriah dan semenarik mungkin, lewat berbagai acara untuk menghibur masyarakat, khusunya para pihak yang beraktivitas di pelabuhan tersebut.

Di tengah berbagai acara semarak HUT RI itu, PT Synergi Tharada, tentunya memiliki tujuan mulia yakni membangkitkan nasionalisme, baik di internal maupun keluarga bersar Pelabuhan Internasional Batam Center serta masyarakat lainnya.

Dalam memaknai semangat peringatan HUT RI ke-78 tahun ini, PT Synergy Tharada menggelar berbagai lomba, yang diawali dengan potong kue oleh Direktur Utama Pelabuhan Internasional Batam Center, Mochammad Sonny Inayatkhan; Direktur Operasional Dudi Riswan; Manager Operasional Nika Astaga; Manager Keuangan Sudirman Kumangki, serta dihadiri seluruh karyawan dan tamu undangan, seperti Imigrasi, Bea Cukai, Syahbandar, Polisi, BP Batam, pemilik tenan dan lainnya.

"Momen ini juga bersempena dengan perayaan Hari Jadi Pelabuhan Internasional Batam Center ke-20," ujar Dudi Riswan, di sela perayaan HUT RI ke-78, Kamis (17/8/2023).

Dudi menjelaskan, Hari Jadi Pelabuhan Internasional Batam Center jatuh pada tanggal 8 Agustus lalu. Dengan acara sederhana, saat itu pihaknya merayakan hanya dengan internal perusahaan.

"Namun di momen 17 Agustusan ini, sebagai wujud kebersamaan dan silaturahmi, kami juga merayakan Hari Jadi ke-20 dengan semua instansi dan pihak yang ada di pelabuhan ini. Terima kasih untuk semua pihak yang telah berkontribusi," katanya.

Ia berharap, di usia yang sudah 20 tahun, ke depannya, Pelabuhan Internasional Batam Center bisa terus memberi pelayanan terbaik kepada para penumpang. Hal itu juga sebagai salah satu bukti pihaknya mendukung Pemerintah Daerah, baik dari segi kunjungan pariwisata, maupun kedatangan para investor ke Batam.

"Tentunya kami bisa lebih meningkatkan pelayanan dan mengutamakan kepuasaan pelanggan. Alhamdulillah selama ini, kami mendapat nilai baik di mata masyarakat," ujar Dudi.

Adapun berbagai perlombaan semarak HUT RI ke-78 di Pelabuhan Internasional Batam Center, seperti lomba balap karung, lomba nyanyi, lomba makan kerupuk dan lainnya. Loba ini digelar sehari sebelumnya untuk kalangan internal.

Kemudian lomba panjat pinang untuk umum. Ada 3 pohon pinang yang disiapkan dengan puluhan hadiah menarik, seperti TV, kulkas, mesin cuci, sepeda, kipas angin, set piring makanan dan uang tunai serta hadiah lainnya. Lomba ini digelar pada 17 Agustus 2023.

"Perayaan ini merupakan bentuk konsistensi kami dalam menyemarakkan HUT RI setiap tahunnya. Untuk tahun ini, hadiah yang kami sediakan pelbagai macam, seperti barang ektronik dan ada juga uang tunai jutaan Rupiah," kata Dudi.

Di tempat yang sama, Nika Astaga mengatakan, Pelabuhan Internasional Batam Center adalah satu-satunya pelabuhan di Batam yang tetap beroperasi di tengah pandemi Covid-19. Hal itu membuktikan komitmen Pelabuhan Internasional Batam Center dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

"Kita semua telah melewati cobaan berat saat pandemi Covid-19. Saat itu, Pelabuhan Internasional Batam Center, satu-satunya yang tetap beroperasi," ujar Nika.

Karena itu, Nika yakin Pelabuhan Internasional Batam Center bisa lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Demi kemajuan pelabuhan, pihaknya juga menerima kritik dan saran dari masyarakat untuk lebih meningkatkan pelayanan.

"Harapan kami, Pelabuhan Internasional Batam Center bisa semakin memberi pelayanan terbaik. Terima kasih juga untuk semua pihak yang terlibat hingga pelabuhan ini berusia 20 tahun," ungkap Nika.

Diketahui, perlombaan panjat pinang yang dilaksanakan di halaman Parkir Pelabuhan Internasional Batam Center berlangsung meriah. Ada puluhan peserta yang terlibat dari perlombaan tersebut, di antaranya karyawan, tenan, Polisi, sopir taksi, mitra Pelabuhan Internasional Batam Center dan masyarakat sekitar.

Ratusan warga pun terlihat antusias menyaksikan momen perlombaan tersebut. Uniknya para penonton tak hanya warga lokal, namun juga wisatawan yang ada di pelabuhan. Mereka juga sempat mengabadikan beberapa momen perlombaan tersebut.

Kemeriahan perayaan HUT RI juga terlihat dari pernak pernik dan ornamen Bendera Merah Putih yang menghiasi seluruh gedung Pelabuhan Internasional Batam Center.

Editor: Gokli