Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Soliditas Parpol Pendukung Dongkrak Elektabilitas GP
Oleh : Opini
Jumat | 28-07-2023 | 17:24 WIB
A-PEMILU-DAMAI9.jpg Honda-Batam
Ilustrasi Pemilu damai 2024. (Foto: Ist)

Oleh Ixtusya Engresya

PARTAI politik pendukung calon presiden Ganjar Pranowo (GP) memiliki solidaritas yang tinggi hingga berpengaruh terhadap elektabilitasnya yang terus bergerak naik. Menurut hasil survei, dari beberapa kandidat presiden lainnya, Ganjar Pranowolah yang paling unggul.

Salah satu alat untuk mengetahui elektabilitas kandidat dan menjadi bahan evaluasi strategi politik tidak lain yaitu melalui survei masyarakat. Menurut Andreas Hugo Pareira, Politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) mengungkapkan bahwa Ganjar sudah memiliki modal yang bagus, akan tetapi perlu adanya peningkatan lagi, sedangkan untuk tingkat kesukaan sosok Ganjar justru relatif lebih baik daripada capres yang lainnya.

Melanjutkan mengenai pergerakan elektabilitas Ganjar, Andreas turut mengakui bahwa memang pergerakan tersebut mengarah kepada hal-hal yang positif, terlebih lagi ketika Gubernur Jawa Tengah itu melakukan safari politik ke berbagai daerah di Indonesia untuk mengunjungi masyarakat.

Seperti yang diketahui memang Ganjar Pranowo dikenal sebagai sosok politikus yang memiliki intensif sosialisasi yang tinggi dan sering terjun ke lapangan untuk menemui rakyat secara langsung. Hal ini persis seperti apa yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo saat menjadi pemimpin Indonesia yang sering melakukan 'blusukan' atau menemui rakyatnya secara langsung.

Memang beberapa hal Ganjar Pranowo dikatakan mirip dengan sosok Joko Widodo dan mendapatkan dukungan langsung, oleh sebab itulah pemimpin yang identik dengan rambut putih itu dianggap layak meneruskan program Presiden. Bahkan, Gibran Rakabuming Raka yang merupakan anak dari Presiden Jokowi ini menjadi juru kampanye Ganjar Pranowo yang disiapkan langsung oleh Partai PDI Perjuangan.

Sama-sama berasal dari 'rumah' yang sama yakni, PDI Perjuangan, keiikutsertaan Gibran dalam pemenangan Ganjar Pranowo merupakan gerakan bersama partainya. Saling memberikan dukungan antara keduanya, Gibran menegaskan bahwa dirinya siap menjalankan tugas sebagai juru kampanye Ganjar, sama seperti pada saat itu Ganjar yang mendukung Gibran menjadi Wali Kota Solo.

Sementara itu, relawan Joko Widodo berkunjung ke Kantor DPP Perindo, Jakarta Pusat untuk membahas tentang dukungan mereka kepada calon presiden Ganjar Pranowo yang dihadiri oleh beberapa relawan dan partai politik koalisi pendukung GP. Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo Dr.TGB Muhammad Zainul Majdi menyambut para relawan tersebut dengan hangat dan pertemuan tersebut mereka melakukan diskusi mengenai strategi pemenangan Ganjar di Pilpres 2024.

Tak hanya berdiskusi saja, relawan Joko Widodo itu meminta masukan kepada TGB, Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo untuk pemenangan Ganjar. Seperti yang sudah diketahui, bahwa TGB merupakan sosok yang dikenal sebagai ketua partai modern yang peduli dengan rakyat kecil, memiliki sifat yang gigih berjuang untuk menciptakan lapangan kerja demi kesejahteraan Indonesia.

Ditanya menyoal strategi pemenangan Ganjar, menurut TGB ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah gerakan-gerakan dari relawan ini yang harus dimaksimalkan agar memberikan dampak positif luar biasa bagi Gubernur Jateng itu. Sehingga, tak hanya Ganjar Pranowo yang berusaha keras, namun relawan dan pendukung-pendukungnya ini juga perlu bekerja keras untuk dapat bersama-sama mengusung Ganjar di Pilpres 2024.

Adapun tugas-tugas relawan yang lainnya agar nama Ganjar Pranowo dikenal lebih dekat lagi oleh masyarakat luas, yakni melalui dorongan kegiatan positif untuk masyarakat hingga memperkenalkan pemahaman sepak terjang dari Gubernur Jateng tersebut. Segala prestasi dan kesuksesan Ganjar Pranowo dalam memimpin Provinsi Jawa Tengah sebagai Gubernur itu juga harus ditonjolkan kepada masyarakat untuk diketahui dengan bijak.

Disamping memiliki kesamaan ideologi kepartaian, perjuangan masyarakat, hingga elektoral, kedekatannya dengan Presiden Jokowi juga diakui oleh TGB hingga dirinya meyakini dukungan Jokowi kepada Ganjar sangatlah besar. Salah satu perwakilan relawan, Ketua Kibar Indonesia, La Ode Budi mengatakan bahwa sekuruh relawan harus bekerja keras untuk menyampaikan hal positif yang dimiliki oleh GP. Terutama mengenai serangan soal kemiskinan sebenarnya turun, hal-hal seperti ini harus diluruskan.

Mengapa harus diluruskan? Tentu saja agar tidak terjadi kesalahpahaman informasi palsu yang kurang pas dan terus beredar di masyarakat. Sebagai kata lain, dapat meminimalisir penyebaran berita hoaks yang bisa jadi membuat keresahan. Untuk menghindari hal tersebut, maka diperlukan gerakan-gerakan aktif para relawan untuk mengoreksi dan meluruskan informasi atau hal-hal yang dianggap tidak relevan dan kurang pas.

Maka dari itu, relawan dan pendukung lainnya memiliki peran yang sangat penting untuk turut serta dalam kenaikan elektabilitas Ganjar Pranowo, sehingga tetap unggul saat Pilpres 2024 mendatang. Seluruh Parpol dan relawan pendukung Ganjar juga harus saling mengapresiasi terhadap apa yang sudah dilakukan hingga saat ini dan nantinya, kerja sama yang baik akan menumbuhkan hasil yang baik pula, yakni berupa kemenangan.*

Penulis adalah kontributor GAGASAN (Gabungan Aksi Ganjar Pranowo Menang)