Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masyarakat Surabaya Dukung GP Menang Pilpres 2024
Oleh : Opini
Selasa | 18-07-2023 | 09:20 WIB
A-PEMILU-DAMAI7.jpg Honda-Batam
Ilustrasi Pemilu damai 2024. (Foto: Ist)

Oleh Arka Bhadrika Wahyatma

SEBANYAK 6 ribu perangkat desa di Jawa Timur dan Surabaya, siap untuk memberikan dukungan secara penuh dan maksimal kepada kemenangan Ganjar Pranowo (GP) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Hal tersebut dikarenakan sosoknya yang dinilai sangat aktif dalam membangun desa dan mampu menyerap semua aspirasi di tingkat desa dengan sangat baik.

Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) turut menghadiri sebuah agenda silaturahmi yang dihadiri oleh banyak perangkat desa, yang mana acara tersebut diselenggarakan di Convention Hall, Grand City Mall, Surabaya pada hari Minggu 16 Juli 2023. Kedatangan Ganjar dalam rangka memenuhi undangan dari Paguyuban Kepala Desa (Kades) se-Jawa Timur.

Dalam agenda silaturahmi yang dilakukan itu, seluruh Kepala Desa di Jawa Timur yang hadir telah meneguhkan dukungan penuh mereka kepada sosok Gubernur Jawa Tengan (Jateng) tersebut secara sangat solid untuk bisa menjadi seorang Presiden Republik Indonesia (RI) pada tahun 2024 mendatang.

Salah satu perwakilan dari Kades yang hadir di sana, Julianto Bambang Siswanto menjelaskan bahwa dukungan yang diberikan oleh sebanyak 6000 (enam ribu) Kepala Desa di seluruh Jawa Timur kepada sosok Ganjar Pranowo bukanlah datang begitu saja dan tanpa alasan.

Pasalnya, Ganjar Pranowo dinilai bukanlah merupakan orang asing bagi seluruh Kades di Tanah Air, khususnya di Jawa Timur. Hal tersebut karena kader PDI Perjuangan itu juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi).

Tidak tanggung-tanggung, bahkan hampir semua Kades di Provinsi Jatim memiliki kedekatan tersendiri kepada Ganjar Pranowo karena beliau dinilai juga telah memiliki keterlibatan secara intens dalam berbagai macam misinya untuk terus melakukan pembangunan desa di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, turut hadir pula Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Jawa Timur, Munawar dan mengungkapkan hal senada dengan Julianto mengenai mengapa mereka semua yakin dan sangat mantap untuk berpihak serta mendukung sosok Ganjar sebagai Calon Presiden tahun 2024 mendatang.

Ganjar Pranowo diyakini merupakan sosok pemimpin masa depan bangsa yang sudah sangat mampu memahami semua aspirasi yang dikemukakan bahkan di berbagai tingkatan termasuk pada tingkat desa. Tentunya, Kepala Negara pada periode selanjutnya sangat penting untuk bisa memiliki kriteria tersebut, yakni mampu menyerap seluruh aspirasi di tingkat desa.

Maka dari itu, Capres yang dideklarasikan oleh Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri itu menjadi pemimpin masa depan yang sangat layak untuk bisa memimpin bangsa ini. Selain itu, Ganjar Pranowo juga dinilai memiliki kredibiltas serta kapasitas yang mumpuni karena dirinya pernah menjadi wakil rakyat sebelum menjadi seorang Kepala Daerah seperti saat ini.

Dengan berbagai macam bekal yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo tersebut, maka dengan hal itulah kemudian menjadikan harapan sangat besar dari seluruh Kepala Desa di Jawa Timur terletak di pundak seorang Ganjar agar beliau ke depannya mampu lebih total lagi dalam melakukan pembangunan desa di seluruh Indonesia.

Ganjar Pranowo juga mengajak kepada seluruh Kades agar ke depannya jauh lebih aktif lagi dalam melakukan evaluasi mengenai bagaimana tata kelola pemerintahan di wilayah mereka masing-masing. Evaluasi tersebut sangat penting, khususnya dalam pelaksanaan anggaran desa hingga aspek lainnya.

Ganjar Pranowo juga berpesan kepada para Kepala Desa se-Jawa Timur itu agar turut mengevaluasi bagaimana upaya desa agar bisa jauh lebih berkontribusi pada misi nasional lainnya seperti penurunan angka kemiskinan kestrem, penurunan stunting hingga upaya pemberdayaan perempuan.

Memang, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sosok Ganjar Pranowo dikenal sebagai pemimpin yang sangat peduli pada pembangunan desa, dirinya ingin terus memperkuat adanya sinergitas antara pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan juga pihak Pemerintah Desa untuk bisa mencapai adanya kemajuan yang lebih baik lagi.

Ganjar Pranowo kemudian juga menyampaikan bagaimana visi yang dia miliki untuk bisa semakin memperkuat kerja sama tersebut, yakni dengan lebih mengoptimalkan dana desa dan juga alokasi anggaran pada berbagai sektor prioritas seperti infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan ekonomi lokal.

Sehingga menjadi tidak heran mengapa melajunya Ganjar Pranowo dalam pesta demokrasi dan kontestasi politik, yakni dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendapat banyak sekali dukungan, bahkan dari sebanyak enam ribu perangkat desa di Surabaya dan Jawa Timur yang siap mendukung penuh kemenangan Capres dari PDI Perjuangan ini.*

Penulis adalah kontributor Gerakan Bersatu Untuk Ganjar Pranowo Menang (GERBANG)