Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Realisasi Dana CD Tak Kunjung Dilakukan

Masyarakat Pongkar Merasa Ditipu Pemerintah Karimun
Oleh : khn/dd
Rabu | 05-09-2012 | 10:36 WIB
demo-cd.gif Honda-Batam
Demo warga Pongkar terkait dana CD beberapa waktu lalu.

KARIMUN, batamtoday - Masyarakat Desa Pongkar merasa ditipu mentah-mentah oleh Pemerintah Daerah Karimun. Pasalnya, dana Community Development (CD) tahun 2007 sebesar lebih dari Rp4 miliar itu, dijanjikan cair pada tahun 2012. Kenyataannya, hingga hampir penghujung tahun 2012 ini, tidak satupun item terealisasi.


Salah seorang warga, Samin kepada batamtoday, Rabu (5/9/2012) di Meral mengatakan bahwa Dana CD yang diperoleh masyarakat Pongkar pada tahun 2007 yang lalu sebesar lebih dari Rp4 miliar Namun pemerintah Karimun mengambil alih dana yang diperuntukkan bagi masyarakat Pongkar tersebut.

Namun pada tahun 2011 yang lalu, pertemuan antara masyarakat Pongkar dengan Pemkab Karimun dan DPRD Karimun telah menghasilkan suatu kesepakatan.

Kesepakatan itu isinya mengembalikan dana CD tersebut kepada masyarakat Pongkar dalam bentuk bantuan pembangunan Posyandu, 1 unit mobil operasional khusus masyarakat Pongkar, 1 unit pick up sampah serta pembangunan wisata air terjun dan Pantai Pongkar.

"Khusus pembangunan wisata air terjun dan pantai, dianggarkan biaya Rp1,3 miliar rupiah dari Rp4 miliar lebih tersebut Pak," ungkapnya.

Namun kecewa yang disertai perasaan ditipu, mulai muncul di benak masyarakat. Sebab sampai saat ini, dana yang sudah seyogianya untuk kesejahteraan masyarakat tersebut, tidak kunjung terealisasi.Padahal, waktu yang telah bergulir ini, sudah mendekati penghujung tahun 2012.

"Dari sejumlah item itu, belum satupun yang terealisasi. Terus dikemanakan uang yang seharusnya menjadi hak kami itu,"  ujarnya mempertanyakan.