Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pawai Takbir Keliling Iduladha 1444 H di Tanjungpinang Diikuti 70 Peserta
Oleh : Devi Handiani
Kamis | 29-06-2023 | 11:04 WIB
pawai-takbir-TPI.jpg Honda-Batam
Sekdaprov Kepri, Adi Prihantara bersama Wakil Wali Kota Endang Abdullah saat melepas pawai takbir Iduladha 1444 H di Kota Tanjungpinang, Rabu (28/6/2023) malam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemko Tanjungpinang menggelar Pawai Takbir keliling Iduladha 1444 H di seputaran Taman Sei Carang Bintan Centre, Tanjungpinang Timur, Rabu (28/06/2023) malam.

Pada Pawai Takbir keliling Iduladha 1444 H ini diikuti sebanyak 70 peserta dari berbagai kalangan. Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, Adi Prihantara melepas langsung peserta Pawai Takbir tersebut.

Adapun rute pada Pawai Takbir keliling Iduladha 1444 H di Kota Tanjungpinang yaitu Terminal Sei Carang, Lotus, Jalan DI Panjaitan, Jalan Ahmad Yani, Jalan Basuki Rahmat, Jalur Flyover, Jalan Wiratno, Jalan Yos Sudarso, Jalan Usman Harun, Jalan Agus Salim dan Jalan Hang Tuah (Gedung Daerah) Finish.

Adi Prihantara dengan membacakan sambutan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, mengingat dalam kerangka pawai takbir tentunya bisa menjaga ketertiban bersama.

"Dalam memperingati Hari Idul Adha harus menjunjung nilai nilai pengorbanan. Dalam membangun Provinsi Kepri perlu adanya kebersamaan musyawarah dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad berharap kita kobarkan takbir dengan menyebut nama allah dalam persatuan masyarakat Provinsi Kepri," jelas Sekdaprov Kepri.

Adi Prihantara melanjutkan, tentunya Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengapresiasi setinggi-tingginya kepada panitia penyelenggara dengan harapan syiar islam terus berkembang di tengah masyarakat.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Endang Abdullah dalam sambutannya mengatakan perayaan Iduladha merupakan wujud dari ketaatan manusia sebagai makhluk kepada sang penciptanya yaitu Allah SWT.

Iduladha merupakan hari besar islam yaitu ibadah haji, dengan menunaikan ibadah haji dapat mengantarkan manusia menemukan jati dirinya menjadi pembakti dan pengabdi kepada penciptanya sesuai dengan fitrahnya.

"Secara naluriah manusia mempunyai insting yang kuat untuk membaktikan diri kepada sang khaliq. Tetapi kenyataannya tidak semudah menjadi hamba yang baik, sebab ada hawa nafsu yang menempatkan terlalu tinggi di atas akal sehatnya manusia," ungkapnya.

Endang Abdullah melanjutkan, kebahagiaan dan kenikmatan yang dirasakan malam ini yang di wujudkan melalui Pawai Takbir keliling Idul Adha 1444 H sebagai bentuk rasa syukur sekaligus melestarikan nilai-nilai budaya dan syiar islam serta sebagai media silaturrahim di antara kaum muslimin Kota Tanjungpinang.

"Saya berharap kepada peserta yang mengikuti Pawai Takbir keliling Idul Adha 1444 H pada malam ini agar senantiasa menjaga ketertiban, keamanan, ketentraman dan kedamaian serta menjauhkan diri dari hal-hal yang dapat merugikan kita semua. Marilah sama-sama menyuarakan asma allah dengan mengumandangkan takbir,tahmid dan tahlil agar kita semakin dekat dengan sang khaliq," jelas Endang.

Editor: Gokli