Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ribuan Warga Muhammadiyah Batam Gelar Salat Iduladha Secara Khusyuk di Lapangan Temenggung Abdul Jamal
Oleh : Aldy Daeng
Rabu | 28-06-2023 | 13:24 WIB
sholat_iduladha_batam_muh_b.jpg Honda-Batam
Warga Muhammadiyah Kota Batam menggelar salat Iduladha yang dipusatkan di kawasan lapangan parkir Sport Hall Temenggung Abdul Jamal, pada Rabu (28/6/2023) pagi (Foto: Aldy Daeng)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribuan warga Muhammadiyah Kota Batam menggelar salat Iduladha yang dipusatkan di kawasan lapangan parkir Sport Hall Temenggung Abdul Jamal, pada Rabu (28/6/2023) pagi.

Pelaksanaan salat Iduladha yang lebih dulu sehari dibanding pemerintah ini, tidak mengurangi antusias warga Muhammadiyah kota Batam. Meski lapangan tempat salat basah akibat hujan deras pada malam harinya.

Ketua Panitia Sholat Iduladha PDM Muhammadiyah Batam, Rahmantoro mengatakan, pelaksanaan salat Id dimulai pukul 07.15 WIB. Pelaksanaan salat Iduladha tahun ini berlangsung lebih lancar dan tertib.

Sebelumnya panitia telah berkoordinasi dengan berbagai pihak antara lain Pemerintah Kota Batam, Badan Pengusahaan (BP) Batam, pihak kepolisian terkait pelaksanaan salat Iduladha hari ini.

Dalam mengantisipasi keramaian dan kemacetan yang terjadi setiap pelaksanaan salat Ied di Stadion Temenggung Abdul Jamal, panitia membuat skenario dan skema pengaturan kantung parkir dan pintu masuk ke lapangan.

"Panitia mengerahkan 100 orang lebih personel Ortom Muhammadiyah, yang mengatur dan mengarahkan jemaah agar tertib dalam mengikuti rangkaian pelaksanaan salat Iduladha.

Sementara, Wakil Ketua Muhammadiyah Sumbar Dr. Muslim Tawakkal selaku khatib dalam salat Ied ini mengajak para jemaah yang hadir untuk senantiasa meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dan mensyukuri segala nikmat yang yang telah Allah SWT berikan kepada hamba-hambanya.

"Sesuai dengan firman Allah SWT dalam Surat Al-Kautsar ayat 1-3. Sesungguhnya kami, kata Allah, telah memberikan kepadamu nikmat-nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkorbanlah engkau. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kepada Muhammad SAW pasti lenyap dari muka bumi ini," kata Muslim Tawakkal dalam khotbahnya.

Oleh karena itu sebagai hamba-Nya yang bertakwa, ia mengingatkan para jemaah untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah SWT berikan.

"Nikmat sehat lahir dan batin, bahkan bermacam fasilitas sudah kita rasakan. Itu merupakan karunia Allah SWT, makankita sebagai hamba-Nya diperintahkan untuk mendirikan salat dan berkurban," tambahnya.

Terkait Ibadah kurban, Wakil Ketua Muhammadiyah lainya, Asmaldi menyebutkan, pelaksanaan kurban oleh Muhammadiyah Kota Batam akan digelar pada esok hari yang berpusat di padepokan tapak suci Batam dan Masjid Hamka Muhammadiyah, Tembesi.

"Sesuai arahan pimpinan Muhammadiyah pusat, pemotongan hewan kurban akan kita laksanakan besok (29/6/2023)," kata Asmaldi.

Editor: Surya