Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

140 Murid Paud Teluk Bintan Pamerkan Kemampuan Seni Budaya dalam Pawai
Oleh : Syajarul Rusydy
Selasa | 27-06-2023 | 08:32 WIB
paud_teluk-bintan-020213.jpg Honda-Batam
Sebanyak 140 anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari 11 PAUD se-Kecamatan Teluk Bintan menunjukkan aksi budaya dan pawai melalui kegiatan pentas seni budaya di Aula Kantor Camat Teluk Bintan, Senin (26/6/2023) pagi. (Syajarul/BTD)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Sebanyak 140 anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari 11 PAUD se-Kecamatan Teluk Bintan menunjukkan aksi budaya dan pawai melalui kegiatan pentas seni budaya di Aula Kantor Camat Teluk Bintan, Senin (26/6/2023) pagi. Mereka menunjukkan aksi dan bakat dengan berbalut berpakaian adat beragam suku bangsa.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bintan, Elyza Riani saat menghadiri kegiatan tersebut menuturkan, bahwa anak adalah anugerah dari Allah SWT. Anak juga merupakan amanah, titipan harta yang paling berharga yang harus dijaga, dirawat dan dididik agar menjadi penyejuk hati dikemudian hari.

"Kita tentunya ingin agar anak-anak tumbuh menjadi anak yang bertakwa, cerdas dan terampil. Jadi biarkan anak-anak seusianya bergelut dengan dunianya yaitu bermain sambil belajar," ujarnya

Namun ia juga menerangkan agar ketika masa transisi kanak-kanak ke usia remaja, diharapkan agar orang tua khususnya ibu-ibu dapat lebih mendampingi tumbuh kembang anak-anak. Agar peran serta antara guru dan orang tua dapat terjalin kerjasama yang baik.

"Jadi tidak bisa berharap pada pendidikan formal saja. Karena tumbuh kembang anak khususnya pendidikan karakter anak yang paling utama itu berasal dari lingkungan keluarga," tegasnya.

Selain itu, Elyza juga mengatakan, bahwa keberhasilan anak usia dini merupakan landasan bagi keberhasilan pendidikan pada jenjang berikutnya. Usia dini merupakan 'usia emas' bagi seseorang.

"Artinya, bila seorang anak pada masa itu mendapatkan pendidikan yang tepat bagi pertumbuhan dan perkembangan jasmani maupun rohaninya, maka akan memperoleh kesiapan belajar dan keberhasilan belajar pada jenjang berikutnya," tutupnya.

Editor: Dardani