Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jadi Ketua Penasehat DMDI, Sultan Najamudin Bertekad Kembalikan Kejayaan Melayu
Oleh : Irawan
Minggu | 11-06-2023 | 11:32 WIB
sultan_najamudin_melayu_b.jpg Honda-Batam
Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin ditunjuk sebagai Ketua Dewan Penasehat DMDI di Malayasia (Foto: DPD RI)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin ditunjuk oleh anggota dan presidium Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) menjadi Ketua Penasehat organisasi masyarakat rumpun Melayu itu.

Penunjukan tersebut dilakukan pada prosesi Pengukuhan DMDI Indonesia oleh YMT Datuk Setia Negara Tun Sri DR Ali Rustam sebagai Ketua Presiden DMDI sekaligus yang Dipertuan Sultan Malaka atau Gubernur Negara Bagian Malaka di Malaka Malaysia pada Kamis (8/6/2023) lalu.

"Kami tentu merasa sangat terhormat telah dipercaya menjadi Ketua dewan penasehat DMDI indonesia. DMDI menjadi simbol bagi eksistensi rumpun Melayu yang kini tersebar di beberapa negara di kawasan," ujar Sultan Najamudin dalam keteranganya, Sabtu (10/6/2023).

Sultan Najamudin mengajak semua presidium dan pengurus DMDI Indonesia untuk hadir dan aktif memberikan kontribusi gagasan juga berpartisipasi aktif di era ketidakpastian global saat ini.

Kejayaan melayu yang hebat dahulu harus dikembalikan ke depan agar mampu memberi warna untuk dunia.

"Saat ini, peta geopolitik seolah kembali dibawa mundur ke abad pertengahan. Di mana hegemoni Barat sedang mengalami masa kegelapan. Namun apakah kita mampun mengulangi sejarah keemasan peradaban Islam dan Timur saat itu", tanya Sultan.

Menurutnya, gejala krisis global yang ditandai dengan eskalasi konflik di Eropa yang berdampak pada ketidakpastian ekonomi global saat ini membutuhkan perhatian dan kajian serius DMDI.

Fenomena geopolitik ini harus dimanfaatkan oleh DMDI untuk mengembalikan peran sentral peradaban Melayu yang identik dengan Islam di kawasan.

"Posisi strategis negeri-negeri Melayu merupakan modal politik dan ekonomi yang signifikan untuk menentukan masa depan masyarakat global khususnya di kawasan. Kami berharap DMDI Indonesia mampu menjadi simpul sosial politik bangsa yang berperan sebagai penjaga atas stabilitas sosial politik di kawasan," tegas Sultan Najamudin.

Menurut pantauan awak media pada acara pengukuhan DMDI kali ini, Sultan hadir bersama Ketua Dewan Pembina DMDI indonesia Komjen (Purn) Syafrudin. Ketum DMDI terpilih Datok Said Al Idrus, serta sepuluh senator DPD RI dari 10 provinsi.

Hadir juga perwakilan DMDI Singapore, Malaysia, China dan 20 provinsi indonesia. Saat ini DMDI tersebar di 23 negara cabang.

Editor: Surya