Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kios Relokasi PKL Jodoh Belum Dilengkapi Fasilitas Air dan Listrik
Oleh : hz/dd
Sabtu | 01-09-2012 | 12:19 WIB

BATAM, batamtoday - Penertiban pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Jodoh Boulevard yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemko) Batam tak ditunjang dengan fasilitas yang memadai, sebab kios yang tersedia untuk relokasi hingga kini belum tersambung aliran listrik dan toilet umum.


Mansur (25), salah satu pedagang PKL Jodoh Boulevard yang telah menempati kios yang didirikan Pemko Batam sangat mengeluhkan fasilitas yang tak memadai ini, selain ukuran kios yang dinilai sangat kecil, yakni hanya berukuran 2X3 meter sampai sekarang belum tersambung listrik.

"Sudah tempatnya kecil dan sempit, sampai sekarang listrik belum terpasang. Mana bisa nyaman berjualan kalau suasananya sumpek seperti ini," ujar Mansur.

Bahkan, lanjut Mansur, untuk menata barang dagangan saja dirinya sudah kewalahan karena kios yang sempit itu. Belum lagi jika ingin buang air, sebab toilet umum belum terbangun sama sekali.

Senada dengan Mansur, Daeng (31), pedagang lainnya juga merasa kurang puas dengan fasilitas kios yang didirikan Pemko Batam ini, meski tempatnya lebih teratur dan tersusun rapi namun masih banyak kekurangannya.

"Seharusnya pemerintah sudah menyiapkan itu semua sebelum memindahkan kami ke sini," kata Daeng.

Sementara itu, Ketua Pedagang Kaki Lima (PKL) Kota Batam, Harsono yang juga selaku penyedia kios yang didirikan pemerintah tersebut mengatakan aliran listrik dan toilet umum sedang dalam pekerjaan, seiring dengan pindahnya para pedagang fasilitas penunjang segera selesai terbangun.

"Aliran listrik sudah tersambung tinggal disambungkan ke kios-kios yang ada, sedangkan toilet umum dalam waktu dekat akan siap dibangun," terang Harsono.