Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menjamur Lagi, PKL Jodoh Boulevard Kembali Ditertibkan
Oleh : hz/dd
Sabtu | 01-09-2012 | 11:19 WIB

BATAM, batamtoday - Pemerintah Kota (Pemko) Batam, dalam hal ini Kelurahan Sei Jodoh, Kecamatan Batu Ampar kembali melakukan penertiban pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di ruas jalan sepanjang Jodoh Boulevard, Sabtu (1/9/2012) sekitar pukul 8.00 WIB. 


Dalam penertiban ini, Kelurah Sei Jodoh menerjunkan satu pleton personil Satpol PP dan diback-up personil polisi dari Polsek Batu Ampar dan aparat TNI dari Kodim 0316 Batam untuk menertibkan PKL yang berjualan di sepanjang jalan tersebut. 

"Penertiban ini berjalan lancar dan tertib, sebab sebelumnya kita telah memberikan pemberitahuan dan kesepakatan bersama pedagang," ujar Lurah Sei Jodoh, Imam Tohari kepada batamtoday. 

Penertiban ini, lanjut Imam, merupakan rangkaian kegiatan dari Pemko Batam dalam melakukan penataan hidup kembali Pasar Jodoh guna meningkatkan program ekonomi makro bagi pedagang PKL di Batam.

"Ada sekitar 155 kios pedagang PKL yang ditertibkan untuk kemudian ditempatkan ke kios yang telah disiapkan Pemko Batam," terang Imam.

Imam menambahkan, penertiban dan pembersihan kios PKL ini diperlukan waktu sekitar satu minggu agar dapat benar-benar selesai pelaksanaannya dan dipastikan tidak ada lagi pedagang yang kembali berjualan di sana.

"Pelaksanaannya hingga daerah ini benar-benar bersih kios PKL memerlukan waktu sekitar satu minggu, hingga mereka dipastikan menempatkan 186 kios yang telah disediakan," tambahnya.

Dikios yang telah disediakan Pemko Batam ini, para pedagang PKL diberikan sewa gratis untuk satu bulan ke depan sebelum nantinya membayar sewa yang telah ditetapkan.

"Masalah sewa kios akan ditangani langsung oleh Dinas UKM, selain itu pedagang juga akan dikenakan retribusi uang kebersihan dan keamanan," pungkas Imam.