Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Bintan Belum Terima Berkas Ijazah Kades Terpilih Busung
Oleh : hrj/dd
Jum'at | 31-08-2012 | 15:40 WIB
Rusli-kades-Busung-terpilih.gif Honda-Batam
Rusli, kades Busung yang terpilih Juli lalu.

TANJUNGUBAN, batamtoday  - Pemerintah Kabupaten Bintan hingga saat ini belum menerima berkas ijazah milik Rusli, Kepala Desa Busung yang terpilih pada Juli 2012 lalu.


Kabag Pemerintahan Henrio Karyadai kepada wartawan mengatakan mestinya sejak awal pencalonan, panitia pemilihan Kades Busung mengirimkan salinan berkas-berkas calon Kades. Namun sampai terpilihnya Rusli, PPS belum menyerahkan berkas-berkas tersebut.

Ditanya mengenai adanya berbagai pihak yang mempertanyakan keabsahan ijazah Rusli, Henryo mengatakan belum bisa memberikan jawaban. Karena berkasnya belum pernah dilihatnya.

"Berkas persyaratan belum di meja Kabag Pemerintahan," katanya belum lama ini.

Sebelumnya warga Busung mempertanyakan kepada PPS perihal ijazah Rusli. Namun PPS tidak bisa menunjukkan bentuk ijazah paket B yang dimiliki Rusli.

"Berkali-kali PPS berjanji untuk menunjukkan, namun hingga saat ini tidak pernah ditunjukkan kepada warga yang mempertanyakan," kata Johan, slahseorang ketua RT di Desa Busung.

Hal yang sama disampaikan oleh Marzuki, anggota Badan Perwakilan Desa (BPD) Busung juga berkali-kali mempertanyakan kepada PPS, namun tidak juga diperlihatkan oleh PPS.

"Kalau memang terjadi kejanggalan dalam Pilkades Busung, masyarakat berencana melaporkan ke Polres Bintan. Panitia PPS harus mempertanggungjawabkan di muka hukum," kata Murzuki.
 
Dikatakan Marzuki, beberapa hari lalu dirinya dan beberapa orang warga sudah mendatangi Polres Bintan dan melakukan konsultasi terkait hal tersebut namun belum membuat laporan secara resmi.