Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Angin Kencang Juga Landa Batam Center, Rusakkan Atap Ruko
Oleh : ali/dd
Jum'at | 31-08-2012 | 13:27 WIB
badai.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - Angin kencang yang melanda kawasan Batam Center, Jumat (31/8/2012) pagi merusakkan salah satu rumah toko yang terletak tak jauh dari SD 006 Batam Centre di kawasan Taman Raya.


Pengamatan di lapangan, angin kencang merusak atap teras rumah toko milik salah satu warga. Ketika akan dikonfirmasi, pemilik ruko enggan berkomentar banyak.

"Tidak usah. Ini hanya musibah kecil karena cuaca," ujar seorang wanita tanpa mau menyebutkan namanya.

Kepala BMKG Batam, Philip Mustamu melalui forecaster BMKG, Adhitya Prakoso menyebutkan, angin kencang yang terjadi berkecapatan 18 knot per jam.

"Angin yang terjadi  sudah di atas batas. Batas normalnya 15 knot perjam dan sudah patut diwaspai. Meskipun angin ini belum masuk dalam kategori puting beliung," ujarnya.

Dijelaskan Adhitya, terjadinya angin puting beliung ditandai dengan cuaca panas yang terjadi beberapa hari sebelumnya. Kondisi cuaca seperti itu, tambahnya, terjadi pada musim pancaroba atau peralihan.

Terkait lalu lintas udara, menurutnya, angin kencang ini dikategorikan cukup berbahaya bagi lalu lintas penerbangan. Namun, karena angin kencang ini hanya berlangsung setengah jam, sehingga arus penerbangan di Bandara Hang Nadim tidak terganggu.

"Kami (BMKG) sudah menginformasikan kepada pihak maskapai terkait angin kencang. Tergantung dari masing-masing maskapainya untuk memutuskan tetap terbang atau tidak. Tapi kalau sekarang ini, angin telah kembali normal. Kecepatan angin sekarang sudah 6 knot per jam," katanya.