Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Telah Dikirim dari Pusat, Ribuan e-KTP Siap Didistribusikan di Batam
Oleh : ali/dd
Jum'at | 31-08-2012 | 10:08 WIB

BATAM, batamtoday - Dalam waktu dekat ini, tahap pertama puluhan ribu Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau e-KTP akan dibagikan di keseluruhan kecamatan di Kota Batam. Pasalnya, lembaran e-KTP telah siap dicetak oleh pemerintah pusat yang dikerim langsung ke 12 kantor kecamatan di Batam.


Akan tetapi, e-KTP tersebut belum bisa disalurkan kepada masyarakat, mengingat saat ini kantor kecamatan masih menunggu alat baru dari pemerintah pusat berupa card reader.

"Alat card reader ini berfungsi untuk mendata ulang melalui cap jari saat masyarakat mengabil e-KTP," ujar salah satu pegawai kecamatan Nongsa, Jumat (31/8/2012).

Cap jari yang akan di ambil kembali, berfungsi untuk pencocokan dengan data sebelumnya, sehingga program e-KTP dari pemerintah pusat ini berjalan dengan baik.

"Sehingga tidak salah mengambil ataau tertukar sat pengambilan," ungkapnya.

Setelah data selesai dicocokan, masyarakat diwajibkan mengembalikan KTP sebelumnya untuk ditukarkan dengan e-KTP. Dia mengatakan jika di Kecamatan Nongsa sedikitnya 9.998 warga telah dicetak e-KTP dari 17.517 yang telah melakukan perekaman.

"Sebagian lagi masih menunggu kiriman selanjutnya dari pemerintah pusat dengan pembagian akan dilakukan secara bertahap hingga rampung secara keseluruhan," terangnya.

Camat Batam Kota Syaiful Bahri, tidak menampik hal tersebut. Menurutnya, pembuatan e-KTP di wilayah kecamatannya sudah ribuan yang tercetak.
 
"Informasi lainnya silahkan hubungi pihak Disduk, karena kecamatan tidak berwenang memberikan data," ungkapnya.