Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sani Harapkan Generasi Muda Amalkan Dasa Darma Pramuka
Oleh : chr/dd
Kamis | 30-08-2012 | 15:00 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Gubernur Provinsi Kepri, HM Sani mengatakan, Pramuka merupakan organisasi yang paling penting dalam membina generasi muda untuk meningkatkan karakter dan akhlak mulia.


Hal itu dikatakan Sani dalam upacara Peringatan Hari Pramuka ke 51 tahun 2012 tingkat Kwartir Provinsi Kepri, yang berlangsung di Kantor Gubernur Kepri, Kamis (30/8/2012).

"Sesuai dengan amanat Presiden, perlu diadakan revitalisasi serta peningkatan kualitas dan profesionalisme kepramukaan oleh pemerintah dan masyarakat sebagaimana saat ini sudah berjalan di Provinsi Kepri," kata Sani.

Tantangan di era globalisasi saat ini, kata Sani, sangat jauh berbeda dengan jaman dulu dan dengan tantangan yang semakin tinggi, pramuka sebagai generasi penerus dapat menghadapi dengan konsekuensi pelaksanaan 10 Dasa Darma Pramuka.

"Hendaknya, setiap anggota Pramuka di Kepri, dapat mengetahui dan mengamalkan 10 Dasa Darma Pramuka yang digariskan, yang meliputi ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa, Cinta terhadap Alam dan kasih sayang pada setiap manusia, hingga pramuka harus sayang kepada siapa saja," ujarnya.

Dari 10 Dasa Darma Pramuka yang perlu diamalkan, paling penting dipesanakan pada anggota Pramuka adalah suci dalam pikiran, perbuatan dan perkataan karena dengan tiga kunci ini, pramuka akan berkarakter, dalam berbuat kebajikan.

"Intinya, satu kata dengan perbuatan, taburlah kata, tuailah perbuatan, taburlah perbuatan, tuailah karakter," pesan Sani.

Dalam perayaan HUT Paramuka ke 52 tahun 2012 ini, juga diikutin, seluruh Kwarda serta Kwarcab Pramuka, tingkat kabupaten/kota dan kecamatan.

Dalam upacara ini, Sani dan Ketua Kwartir Daerah Provinsi Kepri, Suhajar Diantoro juga memberikan penghargaan anugerah tanda penghargaan Lencana Melati dari Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Nasional kepada ketua Kwartir Bintan Utara, H Djum'ah dan Wagiman sebagai Andalan Daerah.

Selain itu, juga dilakukan penganugerahan tanda penghargaan Lencana Darma Bhakti kepada 8 orang anggota Andalan, Ketua Kwarda dan Kwarcab serta anggota Mabicab.

Gerakan Pramuka Provinsi Kepri juga memberikan tanda penghargaan lencana Pancawarsa pada 11 orang Pancawarga, Gerakan Pramuka mulai dari tingkat Kwartir daerah hingga Kwarcab.