Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rawan Banjir, Pelipit Jadi Prioritas Pembangunan Drainase
Oleh : khn/dd
Kamis | 30-08-2012 | 14:41 WIB

KARIMUN, batamtoday - Akibat rawan banjir, Bupati Karimun menjadikan Kampung Kalibaru Pelipit, Kelurahan Sei Lakam, Kecamatan Karimun, sebagai skala prioritas pembangunan drainase pada Tahun Anggaran 2013 nanti. Sehingga nantinya di kampung tersebut memiliki parit dan drainase yang baik.


Pernyataan itu disampaikan Kepala Bidang Bangunan, Dinas PU Pemkab Karimun, Rita Agustina, ST, MM kepada batamtoday, Kamis (30/8/2012) di ruang kerjanya.

Menurutnya, selama ini penyebab terjadinya banjir di daerah tersebut akibat tidak adanya drainase primer di lokasi tersebut.

Sehingga parit yang di buat dari hasil swadaya masyarakat itu memiliki hasil yang tidak maksimal. Bahkan pembuangannya, tidak sampai ke drainase primer yang ada di lokasi tersebut.

"Di daerah Pelipit itu drainasenya kurang baik. Makanya Bupati Karimun menjadikan lokasi sebagai skala prioritas," jelasnya.

Untuk itu katanya lagi, dalam waktu dekat Dinas PU Pemkab Karimun akan melakukan penambahan drainase skunder yang berfungsi menghubungkan parit masyarakat dengan drainase primer tadi.

Disinggung mengenai pergeseran letak drainase primer sejauh 6 meter dari letak awalnya, Rita menjelaskan bahwa pemilik lahan menginginkan perubahan lokasi tersebut. Sehingga berbatasan langsung dengan sepadan tanah miliknya.

"Pemilik lahan meminta Dinas PU menggeser pembuatan drainase itu. Jadi kami mengambil keputusan, menggesernya, selama tidak ada yang dirugikan," ujarnya menjelaskan.