Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jumat Curhat, Wakapolres Bintan Ingatkan Masyarakat Waspada Karhutla
Oleh : Syajarul Rusydy
Jumat | 12-05-2023 | 19:21 WIB
Wakapolres-bintan1.jpg Honda-Batam
Wakapolres Bintan Kompol M Tahang. (Syajarul/BTD)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Polres Bintan saat ini memiliki atensi untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Mengingat saat ini sedang kemarau dan rentan terjadi kebakaran huntan dan lahan.

Peringatan waspada karhutla disampaikan Wakapolres Bintan Kompol M Tahang saat kegitaan Jumat Curhat di wilayah hukum Polsek Bintan Timur. Agenda mingguan itu di gelar di Kedai Kopi Santui, Kelurahan Kijang Kota, Jumat (12/5/2023).

"Kita juga sudah membentuk Tim Satgas Karhutla. Bahkan mobil pemecah kerusuhan (water canon) Polres Bintan kita siagakan, jika sewaktu-waktu diperlukan," ujar Wakapolres.

Di samping itu, Wakapolres Bintan menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuat kegiatan atau aktifitas yang memicu terjadinya karhutla. Begitu pula saat membesihkan lahan, dilarang keras melakukan pembakaran.

"Mengingat kondisi saat ini, panas terik disertai angin memudahkan api menjalar. Sebisa mungkin menjauhkan hal-hal yang dapat memicu terjadinya karhutla," imbuh M Tahang.

Di kesempatan itu, Rasino, salah seorang tokoh masyarakat aksi balap liar, yang kerap terjadi di Sabtu malam. Hal klasik ini hingga saat ini belum juga teratasi, meski petugas rutin melakukan patroli.

"Kenakalan remaja, aksi balap liar masih sering terjadi. Untuk itu kami minta agar pihak kepolisian, bisa membuat terobosan, sehingga tidak ada lagi aksi balap liar yang kerap mengganggu pengguna jalan lainnya," ungkap Rasino.

Menanggapi hal itu, M Tahang mengatakan pihaknya akan memperkertat patroli, terlebih pada Sabtu malam. Serta memberikan efek jera kepada pelaku balap liar.

"Untuk teknisnya nanti akan kita pikirkan, namun yang terepenting, mengatasi hal ini Polres Bintan juga perlu adanya dukungan dari masyarakat," timpalnya.

Editor: Yudha